dok.Nias Bangkit

Di Pulau Nias, Sumatera Utara, ada tradisi yang tidak boleh Anda lewatkan jika berlibur ke sana. Saksikanlah Hombo Batu, tradisi lompat batu setinggi 2 meter untuk para pemuda. Mereka belum boleh menikah, jika belum lulus ujian ini.

Lompat Batu atau biasa disebut Hombo Batu merupakan tradisi khas Nias yang hanya bisa dilakukan anak laki-laki. Bisa dibilang, lompat batu merupakan salah satu uji ketangkasan bagi para pemuda Nias. Siapa saja yang berhasil melakukan lompatan akan merasa telah menjadi pria Nias sejati.

Dulu, Lompat Batu yang biasa dilakukan untuk melatih ketangguhan para prajurit di medan perang ini, hanya dikenal di kalangan warga Nias saja. Sekarang, tradisi ini telah dikenal di dalam maupun luar negeri, dan menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang penasaran untuk mengunjungi Nias.

Setiap laki-laki di Nias telah dilatih sejak kecil untuk bisa melompati tembok batu setinggi 2 meter. Mula-mula mereka berlatih untuk melompati batu setinggi setengah meter, kemudian 1 meter. Setelah mampu melompati batu setinggi 1,5 meter, mereka bisa mencoba dengan batu dengan tinggi yang sesungguhnya, yaitu 2 meter.

Sebelum melompati batu besar, para pemuda yang telah mengenakan pakaian adat akan berlari, dan menginjak batu penopang kecil untuk melewati tumpukan batu besar. Kemudian lompat melewati batu setinggi 2 m dan lebar 90 cm, yang disusun seperti piramida dengan permukaan atas datar. Inilah batu sesungguhnya. Para pemuda tidak hanya harus bisa melewati batu tersebut, tetapi juga harus mengetahui teknik mendarat yang tepat agar tidak cidera.

Uniknya, pemuda yang akan menikah diharuskan lulus ujian lompat batu ini. Karena setiap pemuda yang berhasil melompati batu dianggap sudah dewasa dan matang secara fisik. Jika belum berhasil, maka ia belum dinilai dewasa dan belum diizinkan menikah. Menantang bukan?

Keberhasilan melompati batu tidak hanya memberikan kebanggaan bagi diri sendiri, tetapi juga untuk keluarga. Oleh karena itu, keluarga yang anaknya telah berhasil melompati batu akan mengadakan pesta dengan menyembelih beberapa ekor ternak.

Satu lagi yang perlu diketahui, ternyata tidak semua wilayah Nias ada tradisi lompat batu. Bagi Anda yang ingin melihat tradisi ini secara langsung bisa berkunjung ke Desa Bawomataluo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

sumber

Kata Kunci Pencarian:

Lompat batu nias (26),hombo batu (23),pulau nias (13),loncat batu (12),foto cewek nias (10),gambar pulau nias (3),Foto cewek cantik nias (2),gambar cewek2 Nias (1),gambar cewek nias (1),gambar binatang dinias (1),gambar gadis nias (1),cewek cantik nias (1),poto cewe nias (1),poto cewek pulau Nias (1),poto gadis pulau nias (1),wanita nias foto (1),wanita seksi nias (1),gambar batu loncatan nias (1),gamar gadis niyas seksi (1),cewek nias (1),Cewek yg seksi di pulau nias (1),cowok nias (1),foto anak nias (1),foto cew cantik pedalam pulau nias (1),foto cewek cewek nias (1),foto cwk nias (1),foto gadis nias (1),foto pembunuhan dinias (1),foto seksi cw nias (1),foto seksi nias (1),foto2 cowok Nias (1),fotogadisnias (1),Galeri gadis nias seksi (1),WWW FOTO LONCAT BATU NIAS COM (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *