1. Mengubah Koin Tembaga Menjadi Perak dan Emas

Yah…Memang tidak benar-benar merubah tembaga menjadi perak atau bahkan emas, tetapi menurut saya percobaan kimia ini terlihat sangat menakjubkan. Dengan mencampurkan 30gr zinc sufat ataupun zinc klorida ke dalam 100ml air, serta memasukkan logam zinc ke dalamnya, maka koin tembaga akan berubah menjadi koin perak dalam waktu 5-10 menit kemudian. Untuk membuat koin emas, cukup panaskan koin perak tadi di atas kompor listrik dengan suhu sekitar 300oC. Ketika zinc berdifusi ke dalam tembaga, maka akan terbentuk kuningan pada permukaan sehingga koin terlihat seperti terbuat dari emas.

2. Permen Gummy Bear + Potasium Klorat

Dari permen Gummy Bear yang imut ternyata bisa menghasilkan letupan yang fantastis! Caranya? Cairkan potasium klorat, kemudian masukkan permen ke dalamnya. Potasium klorat cair merupakan zat pengoksidasi yang kuat dan dapat bereaksi hebat dengan gula.

3. Pasta Gigi Gajah

Banyak yang menyebut percobaan ini sebagai “Pasta Gigi Gajah” bukan karena hasil dari reaksi ini akan dimanfaatkan sebagai pasta gigi untuk gajah (memang bagaimana cara gajah gosok gigi?), tetapi karena dari reaksi dihasilkan busa yang melimpah banyak seperti pasta gigi. Untuk melakukan percobaan, dibutuhkan 30% hidrogen peroksida, potasium iodida, dan sabun cuci. Reaksi eksotermis akan menghasilkan panas, gas oksigen, dan banyak busa.

4. Sodium Asetat Cair yang Membeku Seketika

Jika dipanaskan kemudian didinginkan, sodium asetat menjadi sangat jenuh dalam air. Saat bersentuhan dengan objek lain, maka dia akan mengkristal kembali. Reaksi ini juga menimbulkan panas, sehingga sering digunakan sebagai bahan bantalan pemanas. Sodium asetat juga biasa digunakan sebagai pengawet, serta memberikan garam dan cuka rasa khas yang mereka miliki. Dalam makanan, zat ini biasa disebut sebagai E262 atau sodium diasetat.

5. Reaksi Osilasi Briggs-Rauscher

Percobaan ini disempurnakan oleh 2 orang guru, yaitu Thomas Briggs dan Warren Rauscher. Cairan yang pada awalnya tidak berwarna perlahan-lahan berubah menjadi kekuningan dan tiba-tiba berubah menjadi biru tua, lalu memudar menjadi bening kembali. Proses tersebut biasanya berulang sekitar 10 kali, sampai akhirnya berakhir menjadi cairan berwarna biru tua dan berbau iodium yang menyengat.

6. Plasma Anggur

Percobaan ini sebenarnya sangat sederhana, tetapi sangat berbahaya. Kalau kamu tidak mau dijewer orangtuamu karena telah membakar rumah dengan sebutir anggur dan microwave, saya sarankan jangan melakukan hal ini. Anggur dipotong sebagian dan sisakan sedikit kulitnya untuk menghubungkan antarbagian (ini penting!). Taruh anggur menghadap ke atas dalam microwave, nyalakan selama 30 detik. Kemudian, muncullah bola api! Anggur penuh dengan elektrolit dan juga cairannya mengandung banyak ion yang dapat menghantarkan listrik. Microwave menghasilkan energi yang mendorong ion yang terperangkap di dalam anggur bolak-balik sangat cepat di antara 2 bagian anggur. Akibatnya, arus mengalirkan kelebihan energi ke “jembatan” kulit anggur sehingga memanas hingga 3000 derajat dan meledak menjadi api. Busur elektron yang berkeliaran melalui api tersebut mengionisasi udara di sekitar anggur sehingga menciptakan plasma berwarna biru terang.

7. Glow Stick

Untuk membuat glow stick kita perlu mencampurkan 10ml diethyl phthalate (pelarut), 3mg pewarna fluoresen (9,10-bis (phenylethynyl) antrasena untuk hijau, rubrene untuk kuning, 9,10-diphenylanthracene untuk biru, dan rhodamine B untuk merah), 50mg TCPO, 100mg sodium asetat, 3ml 30% hidrogen peroksida (untuk ditambahkan pada akhir reaksi kimia)

8. Levitasi Magnetik

Ketika superkonduktor didinginkan di bawah temperatur peralihan, dia akan bersifat diamagnetic. Arti dari diamagnetik adalah ketika suatu benda terdorong mudur dari medan magnetik, bukan malah tertarik ke dalamnya. Hasil temuan Meissner ini menjadi dasar konsep transportasi tanpa gesekan (sebuah objek bisa “melayang” di sepanjang lintasan dan bukan “melekat” pada rodanya).

9. Mengapung di Atas Sulfur Heksafluorida

Sulfur Heksafluorida merupakan zat kimia yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak beracun, dan tidak mudah terbakar. Dia dapat dituangkan ke dalam wadah terbuka dan bila sebuah benda ringan diletakkan di atasnya, maka benda tersebut dapat mengapung bagaikan berada di atas air. Hal ini dikarenakan sulfur heksafluorida 5-6 kali lebih padat daripada udara. Gas ini juga tidak berbahaya jika terhirup. Efek sampingnya hanya suara menjadi lebih berat untuk sementara waktu (kebalikan dari helium).


10. Superfluid Helium

Ketika helium didinginkan sampai dengan suhu -271oC, maka dia akan mencapai titik lambda. Pada tahap ini helium akan menjadi cairan dan dikenal dengan nama Helium II, yang merupakan superfluida. Ketika melewati kapiler setipis 10-7m sampai 10-8m, ia tidak memiliki kekentalan yang dapat diukur (Helium II akan merembes keluar dari wadah, walaupun wadahnya terbuat dari benda padat). Dalam efek air mancur, zat tersebut akan merayap naik dari wadah (untuk mencari daerah yang lebih hangat).

Kata Kunci Pencarian:

percobaan kimia sederhana (174),praktikum kimia sederhana (111),kumpulan percobaan kimia sederhana (70),contoh percobaan kimia (49),contoh percobaan kimia sederhana (45),cara membuat gas helium sederhana (30),potasium klorat (29),contoh praktikum kimia (29),percobaan sains sederhana untuk smp (26),reaksi kimia sederhana (22),contoh eksperimen (20),percobaan kimia sederhana di rumah (20),kumpulan percobaan sains (18),sodium asetat (16),Contoh Percobaan sains (16),percobaan kimia sederhana smp (15),kumpulan cara membuat senjata sederhana (9),karya ilmiah kimia sederhana (8),contoh eksperimen sederhana (6),penelitian kimia sederhana (5),contoh eksperimen sains (4),praktek karya ilmiah sederhana (4),contoh experimen sederhana (4),Contoh percobaan sederhana (4),kumpulan eksperimen (4),contoh praktikum kimia sederhana (4),percobaan karya ilmiah kimia (3),eksperimen ilmiah (3),contoh percobaan ipa (3),Kumpulan eksperimen sains (3),praktek kimia terapan sederhana (3),eksperimen ilmiah sederhana (3),contoh praktek kimia (3),contoh percobaan ilmiah sederhana (3),kimia terapan sederhana (3),contoh percobaan ilmiah (3),kumpulan percobaan sederhana ipa (3),contoh praktikum sains (2),contoh praktikum kimia sma sederhana (2),percobaan ilmiah kimia sederhana (2),percobaan kimia terapan sederhana (2),praktek ilmiah mudah (2),contoh praktek kimia sederhana (2),contoh praktek karya ilmiah (2),eksperimen kimia yang mudah (2),percobaan karya ilmiah (2),permainan kimia sederhana (2),Contoh percobaan (2),contoh eksperimen karya ilmiah (2),contoh project kimia (2),percobaan kimia sederhana dan mudah (2),kumpulan percobaan kimia (2),cara membuat experimen (2),membuat gas helium sederhana (2),cara membuat eksperimen sains (2),CARA MEMBUAT PERCOBAAN (2),eksperimen sederhana kimia (2),cara praktek kimia sederhana (2),percobaan dirumah (2),praktikum sains (2),macam-macam praktek kimia (1),membuat eksperimen sederhana (1),percobaan karya ilmiah sederhana (1),macam macam percobaan permainan kimia sederhana (1),macam-macam eksperimen kimia sederhana (1),percobaan kimia sederhana dan gampang (1),kumpulan praktikum sains yg mudah dan sederhana (1),kumpulan praktikum kimia sma (1),percobaan kimia sederhana dan menarik (1),kumpulan praktek ipa sederhana (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *