Beita mengenai meninggalnya desainer kondang Adesagi Kierana dan rekannya Randy yan di dalam kamar mandi masih menimbulkan tanda tanya. Hasil otopsi tim forensik Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung menyimpulkan penyebab kematian keduanya akibat keracunan gas CO karbon monoksida. Gas beracun itu diduga berasal dari water heater atau alat pemanas air di dalam kamar mandi.
Lalu, bagaimana sebenarnya gas karbon monoksida yang terdapat didalam water heater itu bisa mematikan seseorang ?
Menurut, Dokter spesialis penyakit dalam, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr. Ari Fahrial Syam, Karbon monoksida (CO) merupakan sebuah gas yang tidak berwarna dan tidak berbau. Gas beracun ini berasal dari pembakaran tak sempurna, seperti batu bara, kayu, arang, minyak, minyak tanah, propana, dan gas alam.
Pemanas air berbahan bakar gas memang banyak dipakai warga kebanyakan. Pemakaian pemanas ini memang menjadi pilihan karena paling tidak, punya dua keuntungan. Selain harganya lebih murah, air panasnya juga cepat jadi.
Dr. Ari menjelaskan bahwa penyebaran gas karbon monoksida (CO) itu bisa berasal dari pembakaran sampah di halaman rumah, asap perapian atau pembakaran yang tak sempurna dari pemanas air. Namun, sambung Dr. Ari yang menjadi masalah adalah jika proses pembakaran itu tidak sempurna dan ventilasi akses gas oksigen tidak mencukupi, sehingga akan mengeluarkan gas beracun yang sangat membahayakan.
“Kejadian keracunan gas tersebut sangat singkat. hanya dalam hitungan menit dan tidak ada tanda-tanda lama orang akan kehilangan nyama.”
Karena itu, jika gas beracun ini bocor dan itu terjadi di kamar mandi, risikonya cukup mematikan karena biasanya sirkulasi di kamar mandi kurang bagus.
” Jadi bisa dibayangkan, jika CO dalam jumlah banyak terhirup dan bertemu dengan darah, maka tidak bisa mengikat oksigen. Sedangkan oksigen diperlukan untuk menjalankan jaringan tubuh termasuk ke jantung,” ungkap Dr. Ari. Karena itu, jika posisinya berada di daerah yang sirkulasi buruk atau tertutup, bisa jadi berefek buruk pada kematian.
“ Dalam hitungan menit bisa langsung meninggal. Pada kasus Adesagi buruk karena ruang tertutup. Beda kalau di ruangan terbuka maka risiko kematiannya lebih rendah,” pungkas Dr. Ari.

pemanas air

Kata Kunci Pencarian:

water heater gas yang bagus (43),water heater gas terbaik (40),alat pemanas air mandi (28),pemanas air gas terbaik (26),instalasi pemanas air gas (19),bahaya water heater gas (14),cara pasang pemanas air (2),bahaya alat pemanas air (2),resiko pemanas air gas (2),pemanas air mandi terbaik (1),water heater dalam kamar mandi bahaya (1),intlalasi pemanas gas (1),kenapa light baterai tidak hidup di mesin pemanas air (1),kendala dan solusi pemanas air gas luzio (1),luzio water heater (1),pemanas Air mandi luzio (1),water heater gas bahaya (1),water heater gas apakah berbahaya (1),galeri photo pemana wanita (1),cara pasang pemanas air gas (1),apakah water heater luzio bagus? (1),bahaya alat pemanas (1),bahaya berada di kamar mandi tertutup dengan water heater (1),bahaya gas water heater (1),bahaya pemanas air gas (1),bahaya water heater (1),bahAya water heater dengan gas (1),bahaya water heater gas modena (1),cara instalasi water heater gas (1),cara memasang pemanas air rinnai (1),cara memasang water heater gas (1),cara menyalakan water heater luzio (1),cara pasang gas water heater (1),water heater yang bagus (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *