di kosan ane banyak banget nih hewan gan, ane dulu sering banget jadi korban nih hewan gan… gara2 digigit nih hewan, kulit ane pada merah2 gan..

disini tuh hewan famous dengan sebutan TOMCAT, mungkin banyak yang belom tau ya, soalnya nih hewan gak terdapat di semua daerah. ini dia ulasannya…. cekidot…

Nama Am: Kumbang Rove
Nama Saintifik : Class : Insecta
Order : Coleoptera
Family : Staphylinidae
Species : Paederus fuscipes Curtis
Nama Tempatan: Semut Semai, Semut Kayap, Charlie etc.

Nama Hewan ini adalah KUMBANG ROVE. Kumbang Rove atau lebih dikenali juga dengan nama daerah Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie. Kumbang ini mempunyai ukuran kurang daripada 1 cm panjang. Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala berwarna gelap. Bagian tengah abdomen yang berwarna hijau tua mempunyai sepasang sayap keras.

Biasanya, kumbang ini kelihatan merangkak di kawasan sekeliling dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam sekali pandang ia lebih menyerupai semut. Apabila diganggu kumbang ini akan menaikkan bahagian abdomen supaya kelihatan seperti kala jengking untuk menakutkan
musuh.

Yang Menyebabkan Reaksi Kulit
Kumbang ini tidak menyengat atau menggigit. Cairan hemolimf yang terdapat di dalam badan (kecuali sayap) kumbang ini mengandungi racun sentuhan hewan yang paling berbisa di dunia. Toksin ini dikenali sebagai ‘paederin’ (C24 H43 O9 N) dinamakan dalam tahun 1953. Cairan ini disinyalir 12x lebih mematikan dari bisa ular kobra.

Tomcat otomatis akan mengeluarkan cairan apabila terjadi sentuhan atau benturan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui handuk, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. Itu sebabnya, jika sudah terkena dermatitis otomatis seperti seprei dan uba rampe-nya, handuk maupun alat-alat yang disinyalir terkena racun tomcat harus dibersihkan.

Bersentuhan dengan kumbang ini saat merayap atau tidur, menghancurkannya pada badan atau mengosok dengan jari yang kotor akan menyebabkan konjunktivitis dan penyakit kulit yang teruk yang dikenali sebagai ‘dermatitis linearis’, ‘paederus (kumbang rove/ staphylinidae) dermatitis’.


Jika ruam terjadi setelah terjadi kontak dengan kumbang ini:

1. Jika anda bersentuhan dengan kumbang ini, segera cuci bagian yang terkena dengan sabun dan air.
2. Mereka yang mengalami reaksi kulit yang parah (kayak gw) hendaklah mendapat perawatan medis.
3. Bagi penderita yg mengalami perbanyakan ruam, pastikan tiada lagi serangga ini di
tempat tidur dan tutup semua jendela ketika menjelang malam.
4. Bahan antiseptik seperti larutan potassium permanganate (KMnO4) boleh digunakan untuk mencuci.
5. Bahan antiseptik dicampur dengan krim steroid dengan kekuatan rendah
dapat mengurangi luka yg telah pecah.
6. Terakhir,jangan sampai luka yg masih basah terkena sinar matahari,karena dapat menyyebabkan bekas hitam yang sulit di hilangkan.

Untuk pengobatannya… gunakan saja Salep Acyclovir 5% yang bisa didapatkan di Toko Obat / Apotek terdekat..ada yang bilang pake getah lidah buaya bisa juga but bagi gw eman2 coz lukanya ntar malah jadi item…
Pasalnya karena dianggap sama dengan dompo tak jarang yang diobati dengan obat antivirus baik topikal maupun oral. Penggunaan obat tradisional semacam daun bobokan atau lidah buaya juga kurang dianjurkan. Pasalnya, bisa saja malah menyebabkan alergi. ”Sebab seharusnya diobati dengan obat anti radang dan apapun jenis herpesnya sebaiknya konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin

Kata Kunci Pencarian:

hewan tomcat (626),hewan penyebab dompo (106),penyakit dompo (33),penyebab dompo (28),ukuran binatang tomcat (23),hewan dompo (23),penyebab dampa (17),penyakit dompo ular (17),penyebab penyakit dompo (15),semut semai (15),cara menghilangkan bekas dompo (11),Hewan Dampa (10),obat dompo kembang (10),dampa ular (6),penyakit dampa (6),gambar penyakit dompo (5),cara menghilangkan penyakit dompo (5),menghilangkan bekas dompo (4),ciri ciri terkena dompo (4),perbedaan herpes dan dompo (4),pantangan dompo (4),perbedaan dompo dan herpes (4),obat sakit dampa (4),penyebab dompo kulit (4),penyebab penyakit kayap (4),pantangan untuk penyakit dompo (3),sebab dompo (3),semut dompo (3),penyebab penyakit kulit dampa (3),tomcat dompo (3),hewan penyebab herpes (3),hewan penyebab penyakit dompo (3),obat digigit dampa (3),cara mengobati dampa (3),lidah buaya obat dompo (3),asal mula penyakit dompo (3),apa penyebab dampa (3),ciri penyakit dompo (3),ciri dompo (3),binatang dampa (2),binatang herpes (2),binatang dompo (2),bekas dompo (2),foto dompo (2),dompo ular (2),menghilangkan bekas penyakit dompo (2),mengobati dompo secara mistik (2),larangan penyakit dompo (2),binatang tomked (2),hewan herpes (2),ciri ciri dampa (2),ciri ciri penyakit kulit dompo (2),Cara menghilangkan bekas tomket (2),cara menghilangkan bekas penyakit jampes (2),Hewan Tomcet (2),cara menghilangkan bekas luka dompo (2),Apakah Penyakit dompo mematikan (2),Dompo semut (2),asal mula penyakit dampa (2),obat dompo tomcat (2),obat digigit dompo (2),menghilangkan bekas luka dompo (2),Obat alami dampa (2),obat tradisional dampa (2),sebab penyakit dompo (2),Obat herbal sakit kayap/dompo (2),pantangan penyakit dompo (2),obat menghilangkan bekas dompo (2),Penyakit dompo semut (2),penyebab sakit dompo ular (2),samakah dompo dngan herpes (2),serangga dompo (2),serangga penyebab dompo (2),penyakit kulit dampa (2),Tomcat Penyebab dompo (2),obat kena dampa (2),obat kayap atau dompo (2),penyebab penyakit dompo karena tomcat (1),perbedaan herpes dompo dan tomcat (1),perbedaan luka herpes dan tomcat (1),penyebab penyakit dompo di kulit kepala (1),penyebab penyakit dampa (1),perbedaan herpes sama di gigit tomcat (1),perbedaan jampes dan dompo (1),perbedaan jampes dan herpes (1),perbedaan luka herpes dan gigitan tomcat di kulit (1),Perbedaan herpes dengan dompo (1),Perbedaan herpes dan digigit tomcat (1),penyebab penyakit herpes oleh binatang (1),penyebab timbulnya penyakit dompo (1),penyebabpenyakit dompo (1),perbedaan antara penyakit herpes dan dompo (1),perbedaan ciri-ciri herpes dengan digigit tomcat (1),perbedaan dampa sama tomcat (1),perbedaan dompo atau tomcat (1),penyebab terkenanya penyakit dompo (1),perbedaan dompo dan gigitan tomcat (1),penyembuhan tomcat & penyebabnya (1),perbedaan dompo dan kena tomcat (1),perbedaan dompo dan tomcat (1),perbedaan dompo dengan gigitan tomcat (1),penyebab penyakit tomcat (1),perbedaan luka tomcat dengan herpes (1),Perbedaan penyakit herpes dan penyakit yang disebabkan oleh hewan tomcat (1),sengat dompo (1),sengatan semut dompo (1),serangga dampa (1),serangga penyebab penyakit dompo (1),tergigit binatang toket (1),tom cat hewan (1),tomcat apakah penyebab dampa (1),tomket hewan penyebab penyakit herpes (1),ubat penyakit kulit charlie (1),www cara menyembuhkan penyakit kayap (1),www foto hewan tomcet (1),www foto penyakit kulit dompo com (1),www foto penyebab penyakit kumbang (1),www gambar gambar penyakit dumpo (1),www penyebab dompo com (1),www penyebab penyakit dampa (1),www penyebab penyebab penyakit dompo (1),semut dampa jadi penyakit (1),salep untuk mengobati sakit kayap (1),salep u penyakit kulit dompo (1),perbedaan penyakit jampes dg dompo (1),perbedaan penyakit tom cat dan herpes (1),perbedaan penyakit yang disebabkan tomcat dengan dompo (1),perbedaan semut dan tomcat (1),perbedaan terkena herpes dengan tomcat (1),perbedan virus tomcat dengan herpes (1),photo muka orang yg digigit tomcat (1),pnyebab pnyakit dumpo (1),ramuan alami penyakit dompo uler (1),ramuan apa yang bisa menyembuhkan anak dompo (1),ramuan penyakit dompo (1),resiko penyebab terkena tomcat (1),resiko sakit dompo tak diobati (1),sakit dampa (1),sakit herpes dari hewan (1),salep acyclovir untuk penyakit dampa (1),salep penghilang bekas dompo (1),yang menyebabkn penyaki dompo (1),obat herpes yang disebabkan tomcat (1),obat untuk mengobati terkena hewan dompo (1),obat untuk mengobati dompo kembang (1),obat untuk memulihkan luka bekas racun tomcat (1),obat untuk herpes atau digigit semut (1),obat untuk dompo semut (1),obat untuk dampa alami (1),obat trkena dampa (1),obat tradisonal penyakit herpest\\kayap\\dompo (1),obat untuk penyakit dompo atau tomcat (1),Obat untuk penyakit dompo ular (1),pantangan penyakit akibat tomcat (1),pantangan orang yang kena tomcat (1),pantangan jika terkena penyakit dompo (1),pantangan digigit tomcat (1),Obatpenyakitdompoular (1),obati dompo dengan lidah buaya (1),obat untuk yang terkena hewan dompo (1),obat untuk penyakit kulit dampa (1),obat tradisional untuk dompo air comberan (1),obat tradisional untuk dompo (1),obat sakit kulit herpes dompo tom cat (1),obat penyakit tomcat (1),obat penyakit dompo ular (1),Obat penyakit dompo atau kayap (1),obat kulit dampa (1),obat kena sengat tomket (1),obat kayap /dompo (1),obat hewan dompo (1),obat sakit lidah yg digigit (1),obat salep dompo yang mujarap atau obat tomket (1),obat tradisional penghilang bekas dompo (1),obat tradisional herpes atau dompo (1),obat tradisional dompo ular (1),obat tradisional dompo (1),obat tradisional dampa ular (1),obat tomcat tradisional (1),obat terkena tongket (1),obat terkena serangga dampa (1),pantangan penyakit tomket (1),pantangan pnykit dompo (1),pantangan saat kulit terserang tomcat (1),penyebab dan cara mengatasi penyakit kayap (1),penyebab dampa uler (1),penyebab dampa dan pengobatannya (1),penyebab alergi kayap (1),penyebab & ciri ciri penyakit dompo (1),penyakitkulitdampa (1),penyakit yang mirip dengan dompo (1),penyakit yang disebabkan karena hewan tomcat (1),penyebab dan cara mengobati penyakit akibat tomcat (1),penyebab dan obat dampa (1),penyebab luka dampa (1),penyebab kulit terkena penyakit dompo (1),penyebab kayap air dan obatnya (1),penyebab dompo lonte (1),penyebab dompo herpes hewan (1),penyebab dompo dan obatnya (1),Penyakit dompo di sebabkan oleh hewan (1),penyebab dan obat penyakit dompo (1),penyakit terkena hewan kecil toket (1),Penyakit kulit menyerupai senatan tomcat (1),Penyaki dompo ular (1),pengobatan penyakit kayap (1),penghilang bekas dompo (1),penggunaan salep acyclovir pd sakit dompo (1),patangan sakit dampa (1),patangan penyakit dompo (1),pantangan terhadap penyakit yg di sebabkan racun tomcat (1),pantangan selama pengobatan tomcat (1),penyakit bekas gigitan toket (1),penyakit dampa dan pengobatan nya (1),penyakit karena hewan tomcat (1),penyakit gara2 tomcat (1),penyakit dompo(tomket) (1),penyakit dompo kena sinar matahari (1),penyakit dompo apakah mematikan? (1),penyakit dompa disebab kn oleh hewan (1),penyakit di sengat semut se macam tomket (1),penyakit dampa semut (1),penyebab luka dompo (1),obat digigit tom cat (1),obat dompo dokter (1),Gambar penyakit karena kumbang rove (1),Gambar Sakit dampa (1),gambar serangga menyebab dompo (1),gambar penyakit dampa (1),obat dompo kembang menggunakan daun binahong (1),gambar penyakit aneh yg di sebabkan oleh binatang (1),gambar org yg terkena penyakit kulit dumpo (1),gambar gambar herpes dompo (1),obat dompo kunyit (1),gambar foto penyakit dompo (1),obat dompo semut (1),gambar serangga menyebabkan sakit dompo (1),gigitan tomcat apa penyebab herpes (1),obat digigit tomcat (1),obat dompo (1),hewan penyebab bisa kena penyakit dompo (1),hewan penyakit dompo (1),hewan obat dompo (1),hewan herves (1),obat dompo acyclovir 5 (1),hewan dumpo (1),hewan dompo apa bisa membunuh (1),obat dompo alami daun benahong (1),hewan dampa gambar (1),obat dompo daun binahong (1),hewan apa penyebab virus dompo (1),hewan apa dan gambar yang bisa dompo (1),herves disebabkan tomcat (1),gambar ciri sakit dompo (1),Obat dompo tradisional (1),gambar ciri penyakit kayap (1),Downlot ap obtnya dompoan (1),dompoan sebanya (1),dompoan pada anak konsulltasi ke dokter apa? (1),dompo/kayap (1),dompo yg di sebabkan oLeh hewan dan cara mengobati (1),obat dompo/kayap adalah (1),dompo tomket (1),dompo tomcat (1),dompo tidak berbahaya (1),Dompo serangga (1),dompo semot (1),dompo obat hewan (1),dompo kembang (1),dompo karena tomcat dengan gambar (1),drompo ular (1),foto binatang penyebab dampa/herpes (1),foto deerah dompo (1),gambar binatang herpes (1),gambar binatang dampa (1),gambar beda kulit yang kena tomcat dengan herpes (1),gambar awal mula dompo (1),gambar atau foto orang terkena penyakit dompo (1),foto2 digigit tomcat dan macam2 tomcat (1),foto penyakit kuli kayap herpes dumpo (1),foto penyakit dompo (1),foto penyakit dampa (1),foto penyakit d (1),foto hewan yang mengakibatkan dompo (1),foto gambar sakit dompo (1),obat dompo ular (1),Obat Dompo Ular Tradisional (1),dompo karena tomcat (1),mengobati gigitan dompo (1),macam macam penyakit yang menyerupai gigitan tomcat (1),luka digigit dompo (1),lidah buaya untuk mengobati penyakit dompo (1),Merk salep kulit terkena dompo/tomcat (1),larangan untuk penyakit dompo (1),larangan untuk orang yang sakit dompo (1),larangan terkena tomcat (1),obat alami di gigit dampa (1),obat alami penyakit dampa (1),obat alami terkena tomket (1),Larangan terkena penyakit dompo (1),larangan saat kena gigitan tomcat (1),obat alami untuk penyakit dampa (1),larangan penderita penyakit herpes bagi pemain bola (1),macam macam sakit dompo (1),macam macam tomket (1),manfaat daun binahong untuk dompo (1),menghilngkan bekas luka dompo di tubuh (1),menghilangkang bekas hitamherpes (1),mengobati herpes dengan autan (1),obat dpmpo tradisional com (1),menghilangkan bekas gigitan tomket yg menghitam dengan bhan alami (1),menghilangkan bekas dompo dengan jebuk sari (1),mengobati penyakit dampa dengan kunyit (1),mengenali ciri ciri penyakit dompo (1),memulihkan bekas dompo dengan tradisional (1),membedakan virus herpes dan tomcat (1),Membedakan binatang tomcat (1),manfaat lidahbuaya untuk dompo (1),manfaat lidah buaya untuk dompo atau herpes (1),manfaat lidah buaya bagi penderita dompo (1),larangan ketika terkena penyakit tomcat (1),obat alergi dompo (1),larangan bagi penderita tomket (1),hewan yg mengakibatkan dompo (1),hewan yg membahayakan akibat dompo (1),hewan yang menyebabkan penyakit kayap (1),obat bekas dompo (1),hewan yang menyebabkan herpes (1),hewan tongket akan mengakibat kan herpes (1),obat bekas luka di sengat tomket (1),obat buat digigit semut dampa (1),hewan tomcat penyebab herpes ? (1),obat dampa tradisional (1),obat dampa ular (1),hewan penyebar herpes (1),hewan penyebab penyakit herpes (1),info tentang dompo disebabkan tomcat (1),hilangin bekas dompo (1),hilangin bekas luka dompo (1),hilangkan bekas dompo (1),kunyit obat tradisional dampa (1),Kunyit obat dampa (1),kunyit bisa sembuhkan penyakit dompo (1),kunyit bisa mengobati tomcat (1),kumpulan foto penyakit herpes dompo (1),kumbang yang menyebabkan herpes (1),kumbang rove dompo (1),kulit yang terkena hewan dompo (1),kulit menghitam akibat dompo (1),kulit hitam karena dompo (1),Koleksi foto ular dompo (1),kena hewan dompo (1),obat apotek sebelum dompo (1),kayap dompo (1),obat digigit serangga charlie (1),Dompo hewan (1),cara mencuci pakaian yang terkena dompo (1),bedanya herpes dengan dompo (1),bedanya herpes dan dompo (1),bedanya dampa dan tomcat (1),beda penyakit tongket dan dompo (1),beda herpes dengan dompo (1),beda herpes dan dompo (1),beda dompo dan herpes (1),beda dompo (1),bahaya hewan dompo (1),Bahaya dompo ular (1),Bagaimana cra menghilangkan bekas penyakit dompo (1),Badan terkena binatang dampa (1),awal mula virus tomcat (1),awal mula penyakit dompo (1),awal mula penyakit dampa (1),asalusul penyakit dompo (1),asal usul semut semai (1),bedanya tomcat dan dompo (1),bekas dompo pke lidah buaya jdi item ya (1),cara mencegah dompo (1),cara membedakan penyakit kayap dengan gigitan tomcat (1),cara jitu atasi gigitan tomket (1),cara hilangkan bekas dompo (1),cara hewan dompo menyebarkan racun (1),cara cepat menghilangkan bekas dompo (1),cara bunuh dompo (1),cara atau obat penghilang bekas luka atau bekas tomcat (1),cara alami menyembuhkan dompo (1),cara alami menghilangkan bekas tomket (1),binatang penyebar penyakit aneh (1),binatang penyebab virus herpes (1),binatang penyebab penyakit herpes (1),binatang penyebab dompo (1),binatang kumbang toket (1),bentuk hewan penyakit dompo (1),benarkah dompo disebabkan tomcat (1),asal usul penyakit dompo (1),asal usul dompo ular (1),asal mula timbulnya dompo (1),apakah penyakit dampa berbahaya? (1),apakah lidah buaya bisa mengobati racun tomcat? (1),apakah hewan dompo? (1),apakah dompo berbahaya (1),apa perbedaan penyakit tomket sama dompo (1),apa perbedaan herpes sama dompo (1),apa penyebab dompo (1),Apa penyakit dompo diwajah bisa mematikan (1),apa pantang nya penyakit dompo (1),apa lidah buaya dapat menghilangkan bekas dompo (1),apa itu penyakit dompo ular (1),apa hewan penyebab dompo? (1),apa bedanya dompo sama tomcat (1),antiseptik alami untuk penyakit dompo (1),alergi kayap (1),alergi dompo (1),akibat dompo (1),apakah penyakit dampa bisa mematikan (1),apakah penyakit dompo berbahaya? (1),asal mula terjangkit dompo (1),asal mula penyakit haerfers tomket (1),Asal mula luka dampa (1),asal mula dompo (1),artis yg tergigit tom cat (1),artikel obat sakit dompo (1),artikel makanan untuk sakit dompo (1),arti dompo (1),apakh luka bekas kena tomket bisa di obatin sama AUtan (1),apakah tomket berbahaya (1),apakah serangga dompo berbahaya (1),apakah salep yg hrus di pkai untk pnyakit kayAp (1),apakah penyakit tomcat atau herpes penyakit yang parah (1),apakah penyakit herpes dompo mematikan (1),apakah penyakit dompo sama dengan terkena tomcat ? (1),apakah penyakit dompo sama dengan penyakit kayap (1),apakah penyakit dompo ini membahayakan (1),akibat dampa ular (1),cara menghilangkan bekas dampa (1),dompo dalam medis (1),cuci muka saat terkena dompo apa boleh (1),cra mengobati dompo dgcra mistik (1),ciri2 terkena dompo (1),ciri2 dompo (1),ciri-ciri penyakit kayap (1),ciri-ciri penyakit dompo (1),ciri-ciri herpes dan digigit tomcat (1),ciri-ciri dompo (1),ciri sakiyt dompo (1),ciri sakit tomcat (1),ciri sakit dan gambar sakit kayap (1),ciri penyakit kayap (1),ciri penyakit dompo kembang (1),ciri kena dompo karena hewan (1),ciri ciri penyakit yang disebabkan oleh tomcat (1),ciri ciri penyakit dompo (1),ciri ciri kayap (1),dampa dan tomcat (1),Dampa ular oct tradisional (1),dompo comberan obatnya apa (1),Dompo atau kayap (1),dompo atau herpes (1),dompo atau elergi (1),dompo apa yg pling mematikan (1),Dompo (1),digigittomketvsdompo (1),digigit semut yang ada sayapnya diobati pake apa (1),Digigit hewan dompo (1),Digigit dampa (1),di gigit hewan dompo (1),daun yg bisa untuk ramuan dpmpo (1),daun yg bisa mengobati dompo (1),Daun untuk menyembuhkan dompo (1),daun obat penyakit dompo (1),daun kemudu obat dompo (1),daun binahong untuk mengobati dompo (1),ciri ciri digigit tomcat dan herpes (1),charlie penyebab penyakit (1),cerita asal usul penuakit dompo (1),cara menghilangkan luka tomcat secara alami (1),cara menghilangkan luka bekas dompo (1),cara menghilangkan dompo semut (1),cara menghilangkan dompo (1),cara menghilangkan Dampa (1),cara menghilangkan bekas penyakit kulit dampa (1),cara menghilangkan bekas penyakit dompo (1),cara menghilangkan bekas penyakit dampo (1),cara menghilangkan bekas luka tomcat di wajah (1),cara menghilangkan bekas luka dampa (1),cara menghilangkan bekas lika dompo secara alami (1),cara menghilangkan bekas hitam kulit karena penyakit dompo (1),Cara menghilangkan bekas hitam herpes atau dompo (1),cara menghilangkan bekas hewan dampa (1),Cara Menghilangkan Bekas Dompo Secara Alami (1),cara menghilangkan bekas dompo di wajah (1),cara menghilangkan bekas dompo di muka (1),cara mengobati dampah (1),cara mengobati gigitan tomcat di wajah (1),cara/obat terkena binatang dampa (1),cara ngilangin bekas luka dompo (1),cara mwnghilangkan bekas penyakit kayap (1),cara menyembuhkan kulit yang di gigit dampa (1),Cara menyembuhkan herves dompo (1),cara menyembuhkan dompo karena tomcat (1),cara mengobati sakit kayap (1),cara mengobati penyakt kulit yg disebabkn oleh tomcat secaraa alami (1),cara mengobati penyakit kulit dampa (1),cara mengobati penyakit kayap atau dampo (1),cara mengobati penyakit kayap (1),cara mengobati penyakit hewan dampa (1),cara mengobati penyakit hearpes dari hewan tomket (1),cara mengobati penyakit dampa (1),cara mengobati orang terkena hewan dampa (1),cara mengobati kulit digigit dompo (1),cara mengobati gigitan tomcat secara tradisional (1),cara menghilangkan bekas dampa secara alami (1)

Comments are closed.