di kosan ane banyak banget nih hewan gan, ane dulu sering banget jadi korban nih hewan gan… gara2 digigit nih hewan, kulit ane pada merah2 gan.. disini tuh hewan famous dengan sebutan TOMCAT, mungkin banyak yang belom tau ya, soalnya nih hewan gak terdapat di semua daerah. ini dia ulasannya…. cekidot…

Nama Am: Kumbang Rove
Nama Saintifik : Class : Insecta
Order : Coleoptera
Family : Staphylinidae
Species : Paederus fuscipes Curtis
Nama Tempatan: Semut Semai, Semut Kayap, Charlie etc.

Nama Hewan ini adalah KUMBANG ROVE. Kumbang Rove atau lebih dikenali juga dengan nama daerah Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie. Kumbang ini mempunyai ukuran kurang daripada 1 cm panjang. Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala berwarna gelap. Bagian tengah abdomen yang berwarna hijau tua mempunyai sepasang sayap keras.

Biasanya, kumbang ini kelihatan merangkak di kawasan sekeliling dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam sekali pandang ia lebih menyerupai semut. Apabila diganggu kumbang ini akan menaikkan bahagian abdomen supaya kelihatan seperti kala jengking untuk menakutkan
musuh.

Yang Menyebabkan Reaksi Kulit
Kumbang ini tidak menyengat atau menggigit. Cairan hemolimf yang terdapat di dalam badan (kecuali sayap) kumbang ini mengandungi racun sentuhan hewan yang paling berbisa di dunia. Toksin ini dikenali sebagai ‘paederin’ (C24 H43 O9 N) dinamakan dalam tahun 1953. Cairan ini disinyalir 12x lebih mematikan dari bisa ular kobra.

Tomcat otomatis akan mengeluarkan cairan apabila terjadi sentuhan atau benturan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui handuk, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. Itu sebabnya, jika sudah terkena dermatitis otomatis seperti seprei dan uba rampe-nya, handuk maupun alat-alat yang disinyalir terkena racun tomcat harus dibersihkan.

Bersentuhan dengan kumbang ini saat merayap atau tidur, menghancurkannya pada badan atau mengosok dengan jari yang kotor akan menyebabkan konjunktivitis dan penyakit kulit yang teruk yang dikenali sebagai ‘dermatitis linearis’, ‘paederus (kumbang rove/ staphylinidae) dermatitis’.


Jika ruam terjadi setelah terjadi kontak dengan kumbang ini:

1. Jika anda bersentuhan dengan kumbang ini, segera cuci bagian yang terkena dengan sabun dan air.
2. Mereka yang mengalami reaksi kulit yang parah (kayak gw) hendaklah mendapat perawatan medis.
3. Bagi penderita yg mengalami perbanyakan ruam, pastikan tiada lagi serangga ini di
tempat tidur dan tutup semua jendela ketika menjelang malam.
4. Bahan antiseptik seperti larutan potassium permanganate (KMnO4) boleh digunakan untuk mencuci.
5. Bahan antiseptik dicampur dengan krim steroid dengan kekuatan rendah
dapat mengurangi luka yg telah pecah.
6. Terakhir,jangan sampai luka yg masih basah terkena sinar matahari,karena dapat menyyebabkan bekas hitam yang sulit di hilangkan.

Untuk pengobatannya… gunakan saja Salep Acyclovir 5% yang bisa didapatkan di Toko Obat / Apotek terdekat..ada yang bilang pake getah lidah buaya bisa juga but bagi gw eman2 coz lukanya ntar malah jadi item…
Pasalnya karena dianggap sama dengan dompo tak jarang yang diobati dengan obat antivirus baik topikal maupun oral. Penggunaan obat tradisional semacam daun bobokan atau lidah buaya juga kurang dianjurkan. Pasalnya, bisa saja malah menyebabkan alergi. ”Sebab seharusnya diobati dengan obat anti radang dan apapun jenis herpesnya sebaiknya konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin

Kata Kunci Pencarian:

hewan tomcat (626),penyakit dompo (33),penyebab dompo (26),hewan penyebab dompo (26),ukuran binatang tomcat (23),hewan dompo (21),penyakit dompo ular (16),semut semai (15),penyebab dampa (13),penyebab penyakit dompo (12),cara menghilangkan bekas dompo (11),dampa ular (6),penyakit dampa (6),obat dompo kembang (6),cara menghilangkan penyakit dompo (5),gambar penyakit dompo (5),penyebab dompo kulit (4),menghilangkan bekas dompo (4),obat sakit dampa (4),ciri ciri terkena dompo (4),penyebab penyakit kayap (4),penyebab penyakit kulit dampa (3),cara mengobati dampa (3),pantangan dompo (3),perbedaan dompo dan herpes (3),ciri dompo (3),ciri penyakit dompo (3),lidah buaya obat dompo (3),obat digigit dompo (2),obat kayap atau dompo (2),bekas dompo (2),penyakit kulit dampa (2),penyebab sakit dompo ular (2),binatang dampa (2),ciri ciri penyakit kulit dompo (2),obat tradisional dampa (2),Cara menghilangkan bekas tomket (2),binatang tomked (2),Dompo semut (2),obat dompo tomcat (2),dompo ular (2),foto dompo (2),Obat alami dampa (2),Hewan Dampa (2),menghilangkan bekas luka dompo (2),obat menghilangkan bekas dompo (2),hewan herpes (2),asal mula penyakit dampa (2),Hewan Tomcet (2),Apakah Penyakit dompo mematikan (2),menghilangkan bekas penyakit dompo (2),larangan penyakit dompo (2),hewan penyebab penyakit dompo (2),serangga penyebab dompo (2),serangga dompo (2),semut dompo (2),Tomcat Penyebab dompo (2),sebab penyakit dompo (2),sebab dompo (2),samakah dompo dngan herpes (2),tomket hewan penyebab penyakit herpes (1),www penyebab penyebab penyakit dompo (1),tergigit binatang toket (1),tom cat hewan (1),tomcat apakah penyebab dampa (1),www penyebab penyakit dampa (1),www penyebab dompo com (1),www foto penyakit kulit dompo com (1),www foto hewan tomcet (1),ubat penyakit kulit charlie (1),ramuan alami penyakit dompo uler (1),serangga penyebab penyakit dompo (1),serangga dampa (1),ramuan apa yang bisa menyembuhkan anak dompo (1),ramuan penyakit dompo (1),resiko penyebab terkena tomcat (1),resiko sakit dompo tak diobati (1),sakit dampa (1),sakit herpes dari hewan (1),salep acyclovir untuk penyakit dampa (1),salep u penyakit kulit dompo (1),semut dampa jadi penyakit (1),sengat dompo (1),sengatan semut dompo (1),yang menyebabkn penyaki dompo (1),obat tomcat tradisional (1),obat terkena tongket (1),obat penyakit dompo ular (1),Obat dompo tradisional (1),obat dompo dokter (1),obat penyakit tomcat (1),obat terkena serangga dampa (1),obat kena sengat tomket (1),obat kena dampa (1),obat hewan dompo (1),obat sakit kulit herpes dompo tom cat (1),obat sakit lidah yg digigit (1),Obat Dompo Ular Tradisional (1),obat herpes yang disebabkan tomcat (1),obat kulit dampa (1),Obat penyakit dompo atau kayap (1),obat dompo semut (1),obat dompo alami daun benahong (1),obat dompo acyclovir 5 (1),photo muka orang yg digigit tomcat (1),menghilangkang bekas hitamherpes (1),memulihkan bekas dompo dengan tradisional (1),menghilangkan bekas gigitan tomket yg menghitam dengan bhan alami (1),menghilangkan bekas dompo dengan jebuk sari (1),mengenali ciri ciri penyakit dompo (1),membedakan virus herpes dan tomcat (1),Membedakan binatang tomcat (1),manfaat lidah buaya untuk dompo atau herpes (1),manfaat lidah buaya bagi penderita dompo (1),macam macam sakit dompo (1),macam macam penyakit yang menyerupai gigitan tomcat (1),lidah buaya untuk mengobati penyakit dompo (1),larangan untuk orang yang sakit dompo (1),Larangan terkena penyakit dompo (1),menghilngkan bekas luka dompo di tubuh (1),mengobati dompo secara mistik (1),obat dompo (1),obat digigit tomcat (1),Merk salep kulit terkena dompo/tomcat (1),obat digigit serangga charlie (1),obat digigit dampa (1),obat dampa ular (1),obat dampa tradisional (1),obat buat digigit semut dampa (1),obat bekas luka di sengat tomket (1),obat bekas dompo (1),obat apotek sebelum dompo (1),obat alergi dompo (1),obat alami penyakit dampa (1),obat alami di gigit dampa (1),mengobati gigitan dompo (1),obat digigit tom cat (1),perbedaan terkena herpes dengan tomcat (1),penyebab penyakit dompo di kulit kepala (1),penyebab penyakit dampa (1),penyebab luka dompo (1),penyebab kulit terkena penyakit dompo (1),penyebab kayap air dan obatnya (1),penyebab dompo herpes hewan (1),penyebab dompo dan obatnya (1),penyebab dan obat penyakit dompo (1),penyebab dan obat dampa (1),penyebab dan cara mengobati penyakit akibat tomcat (1),penyebab dampa uler (1),penyebab dampa dan pengobatannya (1),penyebab alergi kayap (1),penyakitkulitdampa (1),penyakit yang mirip dengan dompo (1),penyakit terkena hewan kecil toket (1),penyebab penyakit tomcat (1),penyebab terkenanya penyakit dompo (1),penyebab timbulnya penyakit dompo (1),perbedaan penyakit yang disebabkan tomcat dengan dompo (1),perbedaan penyakit jampes dg dompo (1),Perbedaan penyakit herpes dan penyakit yang disebabkan oleh hewan tomcat (1),perbedaan luka tomcat dengan herpes (1),perbedaan luka herpes dan tomcat (1),perbedaan luka herpes dan gigitan tomcat di kulit (1),perbedaan jampes dan herpes (1),perbedaan herpes dan dompo (1),Perbedaan herpes dan digigit tomcat (1),perbedaan dompo dan tomcat (1),perbedaan dompo dan kena tomcat (1),perbedaan dompo atau tomcat (1),perbedaan ciri-ciri herpes dengan digigit tomcat (1),perbedaan antara penyakit herpes dan dompo (1),penyembuhan tomcat & penyebabnya (1),penyebabpenyakit dompo (1),Penyakit kulit menyerupai senatan tomcat (1),penyakit karena hewan tomcat (1),penyakit gara2 tomcat (1),pantangan digigit tomcat (1),Obatpenyakitdompoular (1),obati dompo dengan lidah buaya (1),obat untuk yang terkena hewan dompo (1),obat untuk penyakit kulit dampa (1),Obat untuk penyakit dompo ular (1),obat untuk mengobati terkena hewan dompo (1),obat untuk herpes atau digigit semut (1),obat untuk dampa alami (1),obat trkena dampa (1),obat tradisonal penyakit herpest\\kayap\\dompo (1),obat tradisional untuk dompo air comberan (1),obat tradisional untuk dompo (1),obat tradisional penghilang bekas dompo (1),obat tradisional herpes atau dompo (1),obat tradisional dompo (1),pantangan jika terkena penyakit dompo (1),pantangan penyakit akibat tomcat (1),pantangan penyakit dompo (1),Penyakit dompo semut (1),penyakit dompo kena sinar matahari (1),penyakit dompo apakah mematikan? (1),penyakit di sengat semut se macam tomket (1),penyakit dampa dan pengobatan nya (1),penyakit bekas gigitan toket (1),pengobatan penyakit kayap (1),penghilang bekas dompo (1),penggunaan salep acyclovir pd sakit dompo (1),patangan sakit dampa (1),patangan penyakit dompo (1),pantangan untuk penyakit dompo (1),pantangan terhadap penyakit yg di sebabkan racun tomcat (1),pantangan selama pengobatan tomcat (1),pantangan saat kulit terserang tomcat (1),pantangan penyakit tomket (1),obat tradisional dampa ular (1),larangan bagi penderita tomket (1),cara menyembuhkan dompo karena tomcat (1),cara mencuci pakaian yang terkena dompo (1),cara mencegah dompo (1),cara hilangkan bekas dompo (1),cara cepat menghilangkan bekas dompo (1),cara atau obat penghilang bekas luka atau bekas tomcat (1),cara alami menyembuhkan dompo (1),cara alami menghilangkan bekas tomket (1),binatang penyebab virus herpes (1),binatang penyebab penyakit herpes (1),binatang penyebab dompo (1),binatang herpes (1),binatang dompo (1),bentuk hewan penyakit dompo (1),benarkah dompo disebabkan tomcat (1),bekas dompo pke lidah buaya jdi item ya (1),bedanya tomcat dan dompo (1),bedanya herpes dengan dompo (1),cara menghilangkan bekas dampa secara alami (1),cara menghilangkan bekas dompo di muka (1),cara mengobati sakit kayap (1),cara mengobati penyakt kulit yg disebabkn oleh tomcat secaraa alami (1),cara mengobati penyakit kulit dampa (1),cara mengobati penyakit kayap (1),cara mengobati orang terkena hewan dampa (1),cara mengobati dampah (1),cara menghilangkan luka tomcat secara alami (1),cara menghilangkan dompo (1),cara menghilangkan Dampa (1),cara menghilangkan bekas penyakit kulit dampa (1),cara menghilangkan bekas penyakit jampes (1),cara menghilangkan bekas penyakit dompo (1),cara menghilangkan bekas penyakit dampo (1),cara menghilangkan bekas luka tomcat di wajah (1),cara menghilangkan bekas hitam kulit karena penyakit dompo (1),Cara menghilangkan bekas hitam herpes atau dompo (1),Cara Menghilangkan Bekas Dompo Secara Alami (1),bedanya herpes dan dompo (1),beda penyakit tongket dan dompo (1),apakah penyakit herpes dompo mematikan (1),apakah penyakit dompo ini membahayakan (1),apakah penyakit dompo berbahaya? (1),apakah penyakit dampa bisa mematikan (1),apakah penyakit dampa berbahaya? (1),apakah hewan dompo? (1),apakah dompo berbahaya (1),apa perbedaan penyakit tomket sama dompo (1),apa perbedaan herpes sama dompo (1),apa penyebab dompo (1),apa penyebab dampa (1),apa itu penyakit dompo ular (1),apa bedanya dompo sama tomcat (1),antiseptik alami untuk penyakit dompo (1),alergi kayap (1),alergi dompo (1),akibat dompo (1),apakah penyakit tomcat atau herpes penyakit yang parah (1),apakah salep yg hrus di pkai untk pnyakit kayAp (1),beda herpes dan dompo (1),beda dompo dan herpes (1),beda dompo (1),bahaya hewan dompo (1),Bagaimana cra menghilangkan bekas penyakit dompo (1),awal mula virus tomcat (1),awal mula penyakit dampa (1),asalusul penyakit dompo (1),asal usul semut semai (1),asal usul penyakit dompo (1),asal mula timbulnya dompo (1),asal mula penyakit haerfers tomket (1),asal mula penyakit dompo (1),artikel obat sakit dompo (1),artikel makanan untuk sakit dompo (1),arti dompo (1),apakah tomket berbahaya (1),akibat dampa ular (1),Cara menyembuhkan herves dompo (1),kunyit obat tradisional dampa (1),hewan dompo apa bisa membunuh (1),hewan dampa gambar (1),hewan apa penyebab virus dompo (1),hewan apa dan gambar yang bisa dompo (1),herves disebabkan tomcat (1),Gambar Sakit dampa (1),Gambar penyakit karena kumbang rove (1),gambar penyakit dampa (1),gambar org yg terkena penyakit kulit dumpo (1),gambar gambar herpes dompo (1),gambar ciri sakit dompo (1),gambar ciri penyakit kayap (1),gambar beda kulit yang kena tomcat dengan herpes (1),foto penyakit kuli kayap herpes dumpo (1),foto penyakit dompo (1),foto hewan yang mengakibatkan dompo (1),foto gambar sakit dompo (1),hewan dumpo (1),hewan penyebab herpes (1),Kunyit obat dampa (1),kunyit bisa sembuhkan penyakit dompo (1),kumbang yang menyebabkan herpes (1),kumbang rove dompo (1),kulit yang terkena hewan dompo (1),kulit menghitam akibat dompo (1),kulit hitam karena dompo (1),kayap dompo (1),hilangkan bekas dompo (1),hilangin bekas luka dompo (1),hilangin bekas dompo (1),hewan yg mengakibatkan dompo (1),hewan yang menyebabkan penyakit kayap (1),hewan yang menyebabkan herpes (1),hewan tomcat penyebab herpes ? (1),hewan penyebar herpes (1),hewan penyebab penyakit herpes (1),drompo ular (1),dompoan pada anak konsulltasi ke dokter apa? (1),daun binahong untuk mengobati dompo (1),Dampa ular oct tradisional (1),dampa dan tomcat (1),cra mengobati dompo dgcra mistik (1),ciri-ciri penyakit kayap (1),ciri-ciri penyakit dompo (1),ciri-ciri dompo (1),ciri sakiyt dompo (1),ciri sakit tomcat (1),ciri sakit dan gambar sakit kayap (1),ciri kena dompo karena hewan (1),ciri ciri penyakit dompo (1),ciri ciri digigit tomcat dan herpes (1),charlie penyebab penyakit (1),cara/obat terkena binatang dampa (1),cara ngilangin bekas luka dompo (1),cara mwnghilangkan bekas penyakit kayap (1),daun kemudu obat dompo (1),daun obat penyakit dompo (1),dompo/kayap (1),dompo yg di sebabkan oLeh hewan dan cara mengobati (1),dompo tidak berbahaya (1),Dompo serangga (1),dompo obat hewan (1),dompo karena tomcat dengan gambar (1),dompo karena tomcat (1),Dompo hewan (1),dompo dalam medis (1),Dompo atau kayap (1),dompo atau herpes (1),dompo atau elergi (1),Dompo (1),digigit semut yang ada sayapnya diobati pake apa (1),di gigit hewan dompo (1),daun yg bisa mengobati dompo (1),Daun untuk menyembuhkan dompo (1),cara menyembuhkan kulit yang di gigit dampa (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *