di kosan ane banyak banget nih hewan gan, ane dulu sering banget jadi korban nih hewan gan… gara2 digigit nih hewan, kulit ane pada merah2 gan.. disini tuh hewan famous dengan sebutan TOMCAT, mungkin banyak yang belom tau ya, soalnya nih hewan gak terdapat di semua daerah. ini dia ulasannya…. cekidot…

Nama Am: Kumbang Rove
Nama Saintifik : Class : Insecta
Order : Coleoptera
Family : Staphylinidae
Species : Paederus fuscipes Curtis
Nama Tempatan: Semut Semai, Semut Kayap, Charlie etc.

Nama Hewan ini adalah KUMBANG ROVE. Kumbang Rove atau lebih dikenali juga dengan nama daerah Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie. Kumbang ini mempunyai ukuran kurang daripada 1 cm panjang. Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala berwarna gelap. Bagian tengah abdomen yang berwarna hijau tua mempunyai sepasang sayap keras.

Biasanya, kumbang ini kelihatan merangkak di kawasan sekeliling dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam sekali pandang ia lebih menyerupai semut. Apabila diganggu kumbang ini akan menaikkan bahagian abdomen supaya kelihatan seperti kala jengking untuk menakutkan
musuh.

Yang Menyebabkan Reaksi Kulit
Kumbang ini tidak menyengat atau menggigit. Cairan hemolimf yang terdapat di dalam badan (kecuali sayap) kumbang ini mengandungi racun sentuhan hewan yang paling berbisa di dunia. Toksin ini dikenali sebagai ‘paederin’ (C24 H43 O9 N) dinamakan dalam tahun 1953. Cairan ini disinyalir 12x lebih mematikan dari bisa ular kobra.

Tomcat otomatis akan mengeluarkan cairan apabila terjadi sentuhan atau benturan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui handuk, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. Itu sebabnya, jika sudah terkena dermatitis otomatis seperti seprei dan uba rampe-nya, handuk maupun alat-alat yang disinyalir terkena racun tomcat harus dibersihkan.

Bersentuhan dengan kumbang ini saat merayap atau tidur, menghancurkannya pada badan atau mengosok dengan jari yang kotor akan menyebabkan konjunktivitis dan penyakit kulit yang teruk yang dikenali sebagai ‘dermatitis linearis’, ‘paederus (kumbang rove/ staphylinidae) dermatitis’.


Jika ruam terjadi setelah terjadi kontak dengan kumbang ini:

1. Jika anda bersentuhan dengan kumbang ini, segera cuci bagian yang terkena dengan sabun dan air.
2. Mereka yang mengalami reaksi kulit yang parah (kayak gw) hendaklah mendapat perawatan medis.
3. Bagi penderita yg mengalami perbanyakan ruam, pastikan tiada lagi serangga ini di
tempat tidur dan tutup semua jendela ketika menjelang malam.
4. Bahan antiseptik seperti larutan potassium permanganate (KMnO4) boleh digunakan untuk mencuci.
5. Bahan antiseptik dicampur dengan krim steroid dengan kekuatan rendah
dapat mengurangi luka yg telah pecah.
6. Terakhir,jangan sampai luka yg masih basah terkena sinar matahari,karena dapat menyyebabkan bekas hitam yang sulit di hilangkan.

Untuk pengobatannya… gunakan saja Salep Acyclovir 5% yang bisa didapatkan di Toko Obat / Apotek terdekat..ada yang bilang pake getah lidah buaya bisa juga but bagi gw eman2 coz lukanya ntar malah jadi item…
Pasalnya karena dianggap sama dengan dompo tak jarang yang diobati dengan obat antivirus baik topikal maupun oral. Penggunaan obat tradisional semacam daun bobokan atau lidah buaya juga kurang dianjurkan. Pasalnya, bisa saja malah menyebabkan alergi. ”Sebab seharusnya diobati dengan obat anti radang dan apapun jenis herpesnya sebaiknya konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin

Kata Kunci Pencarian:

hewan tomcat (626),penyakit dompo (33),penyebab dompo (26),hewan penyebab dompo (26),ukuran binatang tomcat (23),hewan dompo (21),semut semai (15),penyakit dompo ular (15),penyebab dampa (13),penyebab penyakit dompo (12),cara menghilangkan bekas dompo (11),penyakit dampa (6),obat dompo kembang (6),dampa ular (5),cara menghilangkan penyakit dompo (5),gambar penyakit dompo (4),menghilangkan bekas dompo (4),penyebab penyakit kayap (4),ciri ciri terkena dompo (4),penyebab dompo kulit (4),perbedaan dompo dan herpes (3),obat sakit dampa (3),penyebab penyakit kulit dampa (3),lidah buaya obat dompo (3),cara mengobati dampa (3),ciri dompo (3),ciri penyakit dompo (3),binatang dampa (2),obat kayap atau dompo (2),binatang tomked (2),dompo ular (2),bekas dompo (2),obat dompo tomcat (2),Cara menghilangkan bekas tomket (2),obat digigit dompo (2),foto dompo (2),Hewan Dampa (2),obat menghilangkan bekas dompo (2),hewan herpes (2),pantangan dompo (2),menghilangkan bekas penyakit dompo (2),Apakah Penyakit dompo mematikan (2),menghilangkan bekas luka dompo (2),obat tradisional dampa (2),samakah dompo dngan herpes (2),sebab dompo (2),sebab penyakit dompo (2),Obat alami dampa (2),ciri ciri penyakit kulit dompo (2),penyebab sakit dompo ular (2),Dompo semut (2),Hewan Tomcet (2),serangga dompo (2),serangga penyebab dompo (2),Tomcat Penyebab dompo (2),sengatan semut dompo (1),www penyebab penyakit dampa (1),www penyebab dompo com (1),www foto penyakit kulit dompo com (1),www foto hewan tomcet (1),ubat penyakit kulit charlie (1),tomket hewan penyebab penyakit herpes (1),tomcat apakah penyebab dampa (1),tom cat hewan (1),serangga penyebab penyakit dompo (1),serangga dampa (1),www penyebab penyebab penyakit dompo (1),obat tradisional herpes atau dompo (1),obat tradisional penghilang bekas dompo (1),obat tradisional untuk dompo (1),obat penyakit dompo ular (1),obat hewan dompo (1),obat tradisional untuk dompo air comberan (1),obat tradisional dompo (1),obat tradisional dampa ular (1),Obat penyakit dompo atau kayap (1),obat terkena serangga dampa (1),obat kulit dampa (1),obat sakit lidah yg digigit (1),obat terkena tongket (1),obat sakit kulit herpes dompo tom cat (1),obat penyakit tomcat (1),obat kena dampa (1),obat tomcat tradisional (1),obat kena sengat tomket (1),obat herpes yang disebabkan tomcat (1),obat alami penyakit dampa (1),obat alami di gigit dampa (1),Merk salep kulit terkena dompo/tomcat (1),mengobati gigitan dompo (1),mengobati dompo secara mistik (1),menghilngkan bekas luka dompo di tubuh (1),menghilangkang bekas hitamherpes (1),menghilangkan bekas gigitan tomket yg menghitam dengan bhan alami (1),menghilangkan bekas dompo dengan jebuk sari (1),macam macam sakit dompo (1),mengenali ciri ciri penyakit dompo (1),memulihkan bekas dompo dengan tradisional (1),membedakan virus herpes dan tomcat (1),Membedakan binatang tomcat (1),manfaat lidah buaya untuk dompo atau herpes (1),obat alergi dompo (1),obat apotek sebelum dompo (1),Obat Dompo Ular Tradisional (1),Obat dompo tradisional (1),obat dompo semut (1),obat dompo dokter (1),obat dompo alami daun benahong (1),obat dompo acyclovir 5 (1),obat dompo (1),obat digigit tomcat (1),obat dampa ular (1),obat digigit tom cat (1),obat digigit serangga charlie (1),obat digigit dampa (1),obat dampa tradisional (1),obat bekas luka di sengat tomket (1),obat bekas dompo (1),manfaat lidah buaya bagi penderita dompo (1),obat tradisonal penyakit herpest\\kayap\\dompo (1),sengat dompo (1),perbedaan dompo dan tomcat (1),perbedaan dompo dan kena tomcat (1),perbedaan dompo atau tomcat (1),perbedaan ciri-ciri herpes dengan digigit tomcat (1),perbedaan antara penyakit herpes dan dompo (1),penyembuhan tomcat & penyebabnya (1),penyebabpenyakit dompo (1),penyebab timbulnya penyakit dompo (1),penyebab terkenanya penyakit dompo (1),penyebab penyakit tomcat (1),penyebab penyakit dompo di kulit kepala (1),penyebab penyakit dampa (1),penyebab luka dompo (1),penyebab kulit terkena penyakit dompo (1),penyebab kayap air dan obatnya (1),penyebab dompo herpes hewan (1),Perbedaan herpes dan digigit tomcat (1),perbedaan herpes dan dompo (1),perbedaan jampes dan herpes (1),semut dompo (1),salep u penyakit kulit dompo (1),salep acyclovir untuk penyakit dampa (1),sakit dampa (1),resiko sakit dompo tak diobati (1),ramuan penyakit dompo (1),ramuan apa yang bisa menyembuhkan anak dompo (1),ramuan alami penyakit dompo uler (1),photo muka orang yg digigit tomcat (1),perbedaan terkena herpes dengan tomcat (1),perbedaan penyakit yang disebabkan tomcat dengan dompo (1),perbedaan penyakit jampes dg dompo (1),Perbedaan penyakit herpes dan penyakit yang disebabkan oleh hewan tomcat (1),perbedaan luka tomcat dengan herpes (1),perbedaan luka herpes dan tomcat (1),perbedaan luka herpes dan gigitan tomcat di kulit (1),penyebab dompo dan obatnya (1),penyebab dan obat penyakit dompo (1),patangan penyakit dompo (1),pantangan untuk penyakit dompo (1),pantangan selama pengobatan tomcat (1),pantangan saat kulit terserang tomcat (1),pantangan penyakit tomket (1),pantangan penyakit akibat tomcat (1),pantangan jika terkena penyakit dompo (1),Penyakit dompo semut (1),Obatpenyakitdompoular (1),obati dompo dengan lidah buaya (1),obat untuk yang terkena hewan dompo (1),obat untuk penyakit kulit dampa (1),Obat untuk penyakit dompo ular (1),obat untuk mengobati terkena hewan dompo (1),obat untuk herpes atau digigit semut (1),obat untuk dampa alami (1),patangan sakit dampa (1),penggunaan salep acyclovir pd sakit dompo (1),pengobatan penyakit kayap (1),penyebab dan obat dampa (1),penyebab dan cara mengobati penyakit akibat tomcat (1),penyebab dampa uler (1),penyebab alergi kayap (1),penyakitkulitdampa (1),penyakit yang mirip dengan dompo (1),penyakit terkena hewan kecil toket (1),Penyakit kulit menyerupai senatan tomcat (1),penyakit kulit dampa (1),penyakit karena hewan tomcat (1),penyakit gara2 tomcat (1),penyakit dompo kena sinar matahari (1),penyakit dompo apakah mematikan? (1),penyakit di sengat semut se macam tomket (1),penyakit dampa dan pengobatan nya (1),penyakit bekas gigitan toket (1),obat trkena dampa (1),cara/obat terkena binatang dampa (1),Cara menghilangkan bekas hitam herpes atau dompo (1),Cara Menghilangkan Bekas Dompo Secara Alami (1),cara menghilangkan bekas dampa secara alami (1),cara mencuci pakaian yang terkena dompo (1),cara mencegah dompo (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *