di kosan ane banyak banget nih hewan gan, ane dulu sering banget jadi korban nih hewan gan… gara2 digigit nih hewan, kulit ane pada merah2 gan..

disini tuh hewan famous dengan sebutan TOMCAT, mungkin banyak yang belom tau ya, soalnya nih hewan gak terdapat di semua daerah. ini dia ulasannya…. cekidot…

Nama Am: Kumbang Rove
Nama Saintifik : Class : Insecta
Order : Coleoptera
Family : Staphylinidae
Species : Paederus fuscipes Curtis
Nama Tempatan: Semut Semai, Semut Kayap, Charlie etc.

Nama Hewan ini adalah KUMBANG ROVE. Kumbang Rove atau lebih dikenali juga dengan nama daerah Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie. Kumbang ini mempunyai ukuran kurang daripada 1 cm panjang. Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala berwarna gelap. Bagian tengah abdomen yang berwarna hijau tua mempunyai sepasang sayap keras.

Biasanya, kumbang ini kelihatan merangkak di kawasan sekeliling dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam sekali pandang ia lebih menyerupai semut. Apabila diganggu kumbang ini akan menaikkan bahagian abdomen supaya kelihatan seperti kala jengking untuk menakutkan
musuh.

Yang Menyebabkan Reaksi Kulit
Kumbang ini tidak menyengat atau menggigit. Cairan hemolimf yang terdapat di dalam badan (kecuali sayap) kumbang ini mengandungi racun sentuhan hewan yang paling berbisa di dunia. Toksin ini dikenali sebagai ‘paederin’ (C24 H43 O9 N) dinamakan dalam tahun 1953. Cairan ini disinyalir 12x lebih mematikan dari bisa ular kobra.

Tomcat otomatis akan mengeluarkan cairan apabila terjadi sentuhan atau benturan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui handuk, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. Itu sebabnya, jika sudah terkena dermatitis otomatis seperti seprei dan uba rampe-nya, handuk maupun alat-alat yang disinyalir terkena racun tomcat harus dibersihkan.

Bersentuhan dengan kumbang ini saat merayap atau tidur, menghancurkannya pada badan atau mengosok dengan jari yang kotor akan menyebabkan konjunktivitis dan penyakit kulit yang teruk yang dikenali sebagai ‘dermatitis linearis’, ‘paederus (kumbang rove/ staphylinidae) dermatitis’.


Jika ruam terjadi setelah terjadi kontak dengan kumbang ini:

1. Jika anda bersentuhan dengan kumbang ini, segera cuci bagian yang terkena dengan sabun dan air.
2. Mereka yang mengalami reaksi kulit yang parah (kayak gw) hendaklah mendapat perawatan medis.
3. Bagi penderita yg mengalami perbanyakan ruam, pastikan tiada lagi serangga ini di
tempat tidur dan tutup semua jendela ketika menjelang malam.
4. Bahan antiseptik seperti larutan potassium permanganate (KMnO4) boleh digunakan untuk mencuci.
5. Bahan antiseptik dicampur dengan krim steroid dengan kekuatan rendah
dapat mengurangi luka yg telah pecah.
6. Terakhir,jangan sampai luka yg masih basah terkena sinar matahari,karena dapat menyyebabkan bekas hitam yang sulit di hilangkan.

Untuk pengobatannya… gunakan saja Salep Acyclovir 5% yang bisa didapatkan di Toko Obat / Apotek terdekat..ada yang bilang pake getah lidah buaya bisa juga but bagi gw eman2 coz lukanya ntar malah jadi item…
Pasalnya karena dianggap sama dengan dompo tak jarang yang diobati dengan obat antivirus baik topikal maupun oral. Penggunaan obat tradisional semacam daun bobokan atau lidah buaya juga kurang dianjurkan. Pasalnya, bisa saja malah menyebabkan alergi. ”Sebab seharusnya diobati dengan obat anti radang dan apapun jenis herpesnya sebaiknya konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin

Kata Kunci Pencarian:

hewan tomcat (626),hewan penyebab dompo (94),penyakit dompo (33),penyebab dompo (28),ukuran binatang tomcat (23),hewan dompo (23),penyebab dampa (17),penyakit dompo ular (17),penyebab penyakit dompo (15),semut semai (15),cara menghilangkan bekas dompo (11),obat dompo kembang (10),Hewan Dampa (10),dampa ular (6),penyakit dampa (6),gambar penyakit dompo (5),cara menghilangkan penyakit dompo (5),ciri ciri terkena dompo (4),menghilangkan bekas dompo (4),perbedaan dompo dan herpes (4),penyebab dompo kulit (4),pantangan dompo (4),obat sakit dampa (4),penyebab penyakit kayap (4),sebab dompo (3),pantangan untuk penyakit dompo (3),perbedaan herpes dan dompo (3),semut dompo (3),tomcat dompo (3),penyebab penyakit kulit dampa (3),hewan penyebab herpes (3),ciri penyakit dompo (3),ciri dompo (3),obat digigit dampa (3),lidah buaya obat dompo (3),cara mengobati dampa (3),hewan penyebab penyakit dompo (3),asal mula penyakit dompo (3),binatang tomked (2),ciri ciri penyakit kulit dompo (2),cara menghilangkan bekas penyakit jampes (2),Apakah Penyakit dompo mematikan (2),menghilangkan bekas luka dompo (2),menghilangkan bekas penyakit dompo (2),mengobati dompo secara mistik (2),cara menghilangkan bekas luka dompo (2),ciri ciri dampa (2),obat kayap atau dompo (2),binatang herpes (2),binatang dompo (2),Hewan Tomcet (2),larangan penyakit dompo (2),binatang dampa (2),hewan herpes (2),Cara menghilangkan bekas tomket (2),bekas dompo (2),asal mula penyakit dampa (2),Obat alami dampa (2),obat digigit dompo (2),dompo ular (2),apa penyebab dampa (2),foto dompo (2),obat dompo tomcat (2),Dompo semut (2),Obat herbal sakit kayap/dompo (2),Tomcat Penyebab dompo (2),obat menghilangkan bekas dompo (2),pantangan penyakit dompo (2),samakah dompo dngan herpes (2),obat kena dampa (2),sebab penyakit dompo (2),penyebab sakit dompo ular (2),serangga penyebab dompo (2),penyakit kulit dampa (2),Penyakit dompo semut (2),serangga dompo (2),obat tradisional dampa (2),perbedaan herpes dompo dan tomcat (1),Perbedaan penyakit herpes dan penyakit yang disebabkan oleh hewan tomcat (1),perbedaan jampes dan herpes (1),Perbedaan herpes dengan dompo (1),perbedaan luka herpes dan gigitan tomcat di kulit (1),perbedaan jampes dan dompo (1),perbedaan luka herpes dan tomcat (1),perbedaan luka tomcat dengan herpes (1),perbedaan herpes sama di gigit tomcat (1),perbedaan dompo dengan gigitan tomcat (1),penyebab penyakit dompo di kulit kepala (1),penyebab terkenanya penyakit dompo (1),penyebab penyakit tomcat (1),penyebab timbulnya penyakit dompo (1),penyebabpenyakit dompo (1),penyembuhan tomcat & penyebabnya (1),perbedaan antara penyakit herpes dan dompo (1),perbedaan dampa sama tomcat (1),perbedaan dompo atau tomcat (1),perbedaan dompo dan gigitan tomcat (1),perbedaan ciri-ciri herpes dengan digigit tomcat (1),perbedaan dompo dan kena tomcat (1),perbedaan dompo dan tomcat (1),Perbedaan herpes dan digigit tomcat (1),perbedaan penyakit jampes dg dompo (1),sengat dompo (1),sengatan semut dompo (1),serangga dampa (1),www cara menyembuhkan penyakit kayap (1),serangga penyebab penyakit dompo (1),tergigit binatang toket (1),tom cat hewan (1),tomcat apakah penyebab dampa (1),tomket hewan penyebab penyakit herpes (1),ubat penyakit kulit charlie (1),www foto hewan tomcet (1),www foto penyakit kulit dompo com (1),www foto penyebab penyakit kumbang (1),www gambar gambar penyakit dumpo (1),www penyebab dompo com (1),www penyebab penyakit dampa (1),www penyebab penyebab penyakit dompo (1),semut dampa jadi penyakit (1),salep untuk mengobati sakit kayap (1),perbedaan penyakit tom cat dan herpes (1),perbedaan penyakit yang disebabkan tomcat dengan dompo (1),perbedaan semut dan tomcat (1),perbedaan terkena herpes dengan tomcat (1),perbedan virus tomcat dengan herpes (1),photo muka orang yg digigit tomcat (1),pnyebab pnyakit dumpo (1),ramuan alami penyakit dompo uler (1),ramuan apa yang bisa menyembuhkan anak dompo (1),ramuan penyakit dompo (1),resiko penyebab terkena tomcat (1),resiko sakit dompo tak diobati (1),sakit dampa (1),sakit herpes dari hewan (1),salep acyclovir untuk penyakit dampa (1),salep penghilang bekas dompo (1),salep u penyakit kulit dompo (1),yang menyebabkn penyaki dompo (1),obat kena sengat tomket (1),obat untuk dompo semut (1),obat untuk herpes atau digigit semut (1),obat untuk memulihkan luka bekas racun tomcat (1),obat untuk mengobati dompo kembang (1),obat untuk mengobati terkena hewan dompo (1),obat untuk penyakit dompo atau tomcat (1),Obat untuk penyakit dompo ular (1),obat untuk penyakit kulit dampa (1),obat untuk yang terkena hewan dompo (1),obati dompo dengan lidah buaya (1),Obatpenyakitdompoular (1),pantangan digigit tomcat (1),pantangan jika terkena penyakit dompo (1),pantangan orang yang kena tomcat (1),pantangan penyakit akibat tomcat (1),pantangan penyakit tomket (1),pantangan pnykit dompo (1),obat untuk dampa alami (1),obat trkena dampa (1),obat tradisonal penyakit herpest\\kayap\\dompo (1),obat kulit dampa (1),Obat penyakit dompo atau kayap (1),obat penyakit dompo ular (1),obat penyakit tomcat (1),obat sakit kulit herpes dompo tom cat (1),obat sakit lidah yg digigit (1),obat salep dompo yang mujarap atau obat tomket (1),obat terkena serangga dampa (1),obat terkena tongket (1),obat tomcat tradisional (1),obat tradisional dampa ular (1),obat tradisional dompo (1),obat tradisional dompo ular (1),obat tradisional herpes atau dompo (1),obat tradisional penghilang bekas dompo (1),obat tradisional untuk dompo (1),obat tradisional untuk dompo air comberan (1),pantangan saat kulit terserang tomcat (1),pantangan selama pengobatan tomcat (1),penyakit yang mirip dengan dompo (1),penyakitkulitdampa (1),penyebab & ciri ciri penyakit dompo (1),penyebab alergi kayap (1),penyebab dampa dan pengobatannya (1),penyebab dampa uler (1),penyebab dan cara mengatasi penyakit kayap (1),penyebab dan cara mengobati penyakit akibat tomcat (1),penyebab dan obat dampa (1),penyebab dan obat penyakit dompo (1),penyebab dompo dan obatnya (1),penyebab dompo herpes hewan (1),penyebab dompo lonte (1),penyebab kayap air dan obatnya (1),penyebab kulit terkena penyakit dompo (1),penyebab luka dampa (1),penyebab luka dompo (1),penyakit yang disebabkan karena hewan tomcat (1),penyakit terkena hewan kecil toket (1),Penyakit kulit menyerupai senatan tomcat (1),pantangan terhadap penyakit yg di sebabkan racun tomcat (1),patangan penyakit dompo (1),patangan sakit dampa (1),penggunaan salep acyclovir pd sakit dompo (1),penghilang bekas dompo (1),pengobatan penyakit kayap (1),Penyaki dompo ular (1),penyakit bekas gigitan toket (1),penyakit dampa dan pengobatan nya (1),penyakit dampa semut (1),penyakit di sengat semut se macam tomket (1),penyakit dompa disebab kn oleh hewan (1),penyakit dompo apakah mematikan? (1),penyakit dompo kena sinar matahari (1),penyakit dompo(tomket) (1),penyakit gara2 tomcat (1),penyakit karena hewan tomcat (1),penyebab penyakit dampa (1),hewan tomcat penyebab herpes ? (1),dompo tomket (1),hewan dumpo (1),dompo karena tomcat (1),hewan dompo apa bisa membunuh (1),dompo tomcat (1),hewan yang menyebabkan herpes (1),dompo yg di sebabkan oLeh hewan dan cara mengobati (1),dompo/kayap (1),hewan dampa gambar (1),dompoan pada anak konsulltasi ke dokter apa? (1),hewan herves (1),hewan obat dompo (1),hewan penyakit dompo (1),dompo obat hewan (1),dompo semot (1),hewan penyebar herpes (1),hewan penyebab penyakit herpes (1),Dompo serangga (1),dompo tidak berbahaya (1),dompo kembang (1),hewan tongket akan mengakibat kan herpes (1),dompo karena tomcat dengan gambar (1),hewan penyebab bisa kena penyakit dompo (1),hewan apa penyebab virus dompo (1),hewan apa dan gambar yang bisa dompo (1),foto hewan yang mengakibatkan dompo (1),foto penyakit d (1),gambar foto penyakit dompo (1),foto penyakit dampa (1),foto penyakit dompo (1),foto penyakit kuli kayap herpes dumpo (1),gambar ciri sakit dompo (1),gambar ciri penyakit kayap (1),foto2 digigit tomcat dan macam2 tomcat (1),gambar binatang herpes (1),gambar binatang dampa (1),gambar beda kulit yang kena tomcat dengan herpes (1),foto gambar sakit dompo (1),gambar gambar herpes dompo (1),gambar org yg terkena penyakit kulit dumpo (1),herves disebabkan tomcat (1),dompoan sebanya (1),Downlot ap obtnya dompoan (1),drompo ular (1),gambar serangga menyebabkan sakit dompo (1),gambar serangga menyebab dompo (1),Gambar Sakit dampa (1),Gambar penyakit karena kumbang rove (1),foto binatang penyebab dampa/herpes (1),foto deerah dompo (1),gambar penyakit dampa (1),gambar penyakit aneh yg di sebabkan oleh binatang (1),gambar awal mula dompo (1),obat kayap /dompo (1),obat bekas luka di sengat tomket (1),obat bekas dompo (1),obat apotek sebelum dompo (1),obat alergi dompo (1),obat alami untuk penyakit dampa (1),obat alami terkena tomket (1),obat alami penyakit dampa (1),obat alami di gigit dampa (1),Merk salep kulit terkena dompo/tomcat (1),mengobati penyakit dampa dengan kunyit (1),mengobati herpes dengan autan (1),mengobati gigitan dompo (1),menghilngkan bekas luka dompo di tubuh (1),menghilangkang bekas hitamherpes (1),menghilangkan bekas gigitan tomket yg menghitam dengan bhan alami (1),menghilangkan bekas dompo dengan jebuk sari (1),mengenali ciri ciri penyakit dompo (1),obat buat digigit semut dampa (1),obat dampa tradisional (1),obat hewan dompo (1),obat herpes yang disebabkan tomcat (1),obat dpmpo tradisional com (1),obat dompo/kayap adalah (1),Obat Dompo Ular Tradisional (1),obat dompo ular (1),Obat dompo tradisional (1),obat dompo semut (1),obat dompo dokter (1),obat dompo daun binahong (1),obat dompo alami daun benahong (1),obat dompo acyclovir 5 (1),obat dompo (1),obat digigit tomcat (1),obat digigit tom cat (1),obat digigit serangga charlie (1),obat dampa ular (1),memulihkan bekas dompo dengan tradisional (1),membedakan virus herpes dan tomcat (1),Kunyit obat dampa (1),kunyit bisa sembuhkan penyakit dompo (1),kunyit bisa mengobati tomcat (1),kumpulan foto penyakit herpes dompo (1),kumbang yang menyebabkan herpes (1),kumbang rove dompo (1),kulit yang terkena hewan dompo (1),kulit menghitam akibat dompo (1),info tentang dompo disebabkan tomcat (1),kulit hitam karena dompo (1),Koleksi foto ular dompo (1),kayap dompo (1),hilangkan bekas dompo (1),hilangin bekas luka dompo (1),hilangin bekas dompo (1),hewan yg mengakibatkan dompo (1),hewan yg membahayakan akibat dompo (1),kunyit obat tradisional dampa (1),larangan bagi penderita tomket (1),Membedakan binatang tomcat (1),manfaat lidahbuaya untuk dompo (1),manfaat lidah buaya untuk dompo atau herpes (1),manfaat lidah buaya bagi penderita dompo (1),manfaat daun binahong untuk dompo (1),macam macam tomket (1),macam macam sakit dompo (1),macam macam penyakit yang menyerupai gigitan tomcat (1),luka digigit dompo (1),lidah buaya untuk mengobati penyakit dompo (1),larangan untuk penyakit dompo (1),larangan untuk orang yang sakit dompo (1),larangan terkena tomcat (1),Larangan terkena penyakit dompo (1),larangan saat kena gigitan tomcat (1),larangan penderita penyakit herpes bagi pemain bola (1),larangan ketika terkena penyakit tomcat (1),hewan yang menyebabkan penyakit kayap (1),Dompo hewan (1),cara mencuci pakaian yang terkena dompo (1),bedanya herpes dengan dompo (1),bedanya herpes dan dompo (1),bedanya dampa dan tomcat (1),beda penyakit tongket dan dompo (1),beda herpes dengan dompo (1),beda herpes dan dompo (1),beda dompo dan herpes (1),beda dompo (1),bahaya hewan dompo (1),Bahaya dompo ular (1),Bagaimana cra menghilangkan bekas penyakit dompo (1),Badan terkena binatang dampa (1),awal mula virus tomcat (1),awal mula penyakit dompo (1),awal mula penyakit dampa (1),asalusul penyakit dompo (1),asal usul semut semai (1),bedanya tomcat dan dompo (1),bekas dompo pke lidah buaya jdi item ya (1),cara mencegah dompo (1),cara membedakan penyakit kayap dengan gigitan tomcat (1),cara jitu atasi gigitan tomket (1),cara hilangkan bekas dompo (1),cara hewan dompo menyebarkan racun (1),cara cepat menghilangkan bekas dompo (1),cara bunuh dompo (1),cara atau obat penghilang bekas luka atau bekas tomcat (1),cara alami menyembuhkan dompo (1),cara alami menghilangkan bekas tomket (1),binatang penyebar penyakit aneh (1),binatang penyebab virus herpes (1),binatang penyebab penyakit herpes (1),binatang penyebab dompo (1),binatang kumbang toket (1),bentuk hewan penyakit dompo (1),benarkah dompo disebabkan tomcat (1),asal usul penyakit dompo (1),asal usul dompo ular (1),asal mula timbulnya dompo (1),apakah penyakit dampa berbahaya? (1),apakah lidah buaya bisa mengobati racun tomcat? (1),apakah hewan dompo? (1),apakah dompo berbahaya (1),apa perbedaan penyakit tomket sama dompo (1),apa perbedaan herpes sama dompo (1),apa penyebab dompo (1),Apa penyakit dompo diwajah bisa mematikan (1),apa pantang nya penyakit dompo (1),apa lidah buaya dapat menghilangkan bekas dompo (1),apa itu penyakit dompo ular (1),apa hewan penyebab dompo? (1),apa bedanya dompo sama tomcat (1),antiseptik alami untuk penyakit dompo (1),alergi kayap (1),alergi dompo (1),akibat dompo (1),apakah penyakit dampa bisa mematikan (1),apakah penyakit dompo berbahaya? (1),asal mula terjangkit dompo (1),asal mula penyakit haerfers tomket (1),Asal mula luka dampa (1),asal mula dompo (1),artis yg tergigit tom cat (1),artikel obat sakit dompo (1),artikel makanan untuk sakit dompo (1),arti dompo (1),apakh luka bekas kena tomket bisa di obatin sama AUtan (1),apakah tomket berbahaya (1),apakah serangga dompo berbahaya (1),apakah salep yg hrus di pkai untk pnyakit kayAp (1),apakah penyakit tomcat atau herpes penyakit yang parah (1),apakah penyakit herpes dompo mematikan (1),apakah penyakit dompo sama dengan terkena tomcat ? (1),apakah penyakit dompo sama dengan penyakit kayap (1),apakah penyakit dompo ini membahayakan (1),akibat dampa ular (1),cara menghilangkan bekas dampa (1),dompo dalam medis (1),cuci muka saat terkena dompo apa boleh (1),cra mengobati dompo dgcra mistik (1),ciri2 terkena dompo (1),ciri2 dompo (1),ciri-ciri penyakit kayap (1),ciri-ciri penyakit dompo (1),ciri-ciri herpes dan digigit tomcat (1),ciri-ciri dompo (1),ciri sakiyt dompo (1),ciri sakit tomcat (1),ciri sakit dan gambar sakit kayap (1),ciri penyakit kayap (1),ciri penyakit dompo kembang (1),ciri kena dompo karena hewan (1),ciri ciri penyakit yang disebabkan oleh tomcat (1),ciri ciri penyakit dompo (1),ciri ciri kayap (1),dampa dan tomcat (1),Dampa ular oct tradisional (1),dompo comberan obatnya apa (1),Dompo atau kayap (1),dompo atau herpes (1),dompo atau elergi (1),dompo apa yg pling mematikan (1),Dompo (1),digigittomketvsdompo (1),digigit semut yang ada sayapnya diobati pake apa (1),Digigit hewan dompo (1),Digigit dampa (1),di gigit hewan dompo (1),daun yg bisa untuk ramuan dpmpo (1),daun yg bisa mengobati dompo (1),Daun untuk menyembuhkan dompo (1),daun obat penyakit dompo (1),daun kemudu obat dompo (1),daun binahong untuk mengobati dompo (1),ciri ciri digigit tomcat dan herpes (1),charlie penyebab penyakit (1),cerita asal usul penuakit dompo (1),cara menghilangkan luka tomcat secara alami (1),cara menghilangkan luka bekas dompo (1),cara menghilangkan dompo semut (1),cara menghilangkan dompo (1),cara menghilangkan Dampa (1),cara menghilangkan bekas penyakit kulit dampa (1),cara menghilangkan bekas penyakit dompo (1),cara menghilangkan bekas penyakit dampo (1),cara menghilangkan bekas luka tomcat di wajah (1),cara menghilangkan bekas luka dampa (1),cara menghilangkan bekas lika dompo secara alami (1),cara menghilangkan bekas hitam kulit karena penyakit dompo (1),Cara menghilangkan bekas hitam herpes atau dompo (1),cara menghilangkan bekas hewan dampa (1),Cara Menghilangkan Bekas Dompo Secara Alami (1),cara menghilangkan bekas dompo di wajah (1),cara menghilangkan bekas dompo di muka (1),cara mengobati dampah (1),cara mengobati gigitan tomcat di wajah (1),cara/obat terkena binatang dampa (1),cara ngilangin bekas luka dompo (1),cara mwnghilangkan bekas penyakit kayap (1),cara menyembuhkan kulit yang di gigit dampa (1),Cara menyembuhkan herves dompo (1),cara menyembuhkan dompo karena tomcat (1),cara mengobati sakit kayap (1),cara mengobati penyakt kulit yg disebabkn oleh tomcat secaraa alami (1),cara mengobati penyakit kulit dampa (1),cara mengobati penyakit kayap atau dampo (1),cara mengobati penyakit kayap (1),cara mengobati penyakit hewan dampa (1),cara mengobati penyakit hearpes dari hewan tomket (1),cara mengobati penyakit dampa (1),cara mengobati orang terkena hewan dampa (1),cara mengobati kulit digigit dompo (1),cara mengobati gigitan tomcat secara tradisional (1),cara menghilangkan bekas dampa secara alami (1)

Comments are closed.