di kosan ane banyak banget nih hewan gan, ane dulu sering banget jadi korban nih hewan gan… gara2 digigit nih hewan, kulit ane pada merah2 gan.. disini tuh hewan famous dengan sebutan TOMCAT, mungkin banyak yang belom tau ya, soalnya nih hewan gak terdapat di semua daerah. ini dia ulasannya…. cekidot…

Nama Am: Kumbang Rove
Nama Saintifik : Class : Insecta
Order : Coleoptera
Family : Staphylinidae
Species : Paederus fuscipes Curtis
Nama Tempatan: Semut Semai, Semut Kayap, Charlie etc.

Nama Hewan ini adalah KUMBANG ROVE. Kumbang Rove atau lebih dikenali juga dengan nama daerah Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie. Kumbang ini mempunyai ukuran kurang daripada 1 cm panjang. Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala berwarna gelap. Bagian tengah abdomen yang berwarna hijau tua mempunyai sepasang sayap keras.

Biasanya, kumbang ini kelihatan merangkak di kawasan sekeliling dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam sekali pandang ia lebih menyerupai semut. Apabila diganggu kumbang ini akan menaikkan bahagian abdomen supaya kelihatan seperti kala jengking untuk menakutkan
musuh.

Yang Menyebabkan Reaksi Kulit
Kumbang ini tidak menyengat atau menggigit. Cairan hemolimf yang terdapat di dalam badan (kecuali sayap) kumbang ini mengandungi racun sentuhan hewan yang paling berbisa di dunia. Toksin ini dikenali sebagai ‘paederin’ (C24 H43 O9 N) dinamakan dalam tahun 1953. Cairan ini disinyalir 12x lebih mematikan dari bisa ular kobra.

Tomcat otomatis akan mengeluarkan cairan apabila terjadi sentuhan atau benturan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui handuk, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. Itu sebabnya, jika sudah terkena dermatitis otomatis seperti seprei dan uba rampe-nya, handuk maupun alat-alat yang disinyalir terkena racun tomcat harus dibersihkan.

Bersentuhan dengan kumbang ini saat merayap atau tidur, menghancurkannya pada badan atau mengosok dengan jari yang kotor akan menyebabkan konjunktivitis dan penyakit kulit yang teruk yang dikenali sebagai ‘dermatitis linearis’, ‘paederus (kumbang rove/ staphylinidae) dermatitis’.


Jika ruam terjadi setelah terjadi kontak dengan kumbang ini:

1. Jika anda bersentuhan dengan kumbang ini, segera cuci bagian yang terkena dengan sabun dan air.
2. Mereka yang mengalami reaksi kulit yang parah (kayak gw) hendaklah mendapat perawatan medis.
3. Bagi penderita yg mengalami perbanyakan ruam, pastikan tiada lagi serangga ini di
tempat tidur dan tutup semua jendela ketika menjelang malam.
4. Bahan antiseptik seperti larutan potassium permanganate (KMnO4) boleh digunakan untuk mencuci.
5. Bahan antiseptik dicampur dengan krim steroid dengan kekuatan rendah
dapat mengurangi luka yg telah pecah.
6. Terakhir,jangan sampai luka yg masih basah terkena sinar matahari,karena dapat menyyebabkan bekas hitam yang sulit di hilangkan.

Untuk pengobatannya… gunakan saja Salep Acyclovir 5% yang bisa didapatkan di Toko Obat / Apotek terdekat..ada yang bilang pake getah lidah buaya bisa juga but bagi gw eman2 coz lukanya ntar malah jadi item…
Pasalnya karena dianggap sama dengan dompo tak jarang yang diobati dengan obat antivirus baik topikal maupun oral. Penggunaan obat tradisional semacam daun bobokan atau lidah buaya juga kurang dianjurkan. Pasalnya, bisa saja malah menyebabkan alergi. ”Sebab seharusnya diobati dengan obat anti radang dan apapun jenis herpesnya sebaiknya konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin

Kata Kunci Pencarian:

hewan tomcat (621),penyakit dompo (30),ukuran binatang tomcat (23),semut semai (15),hewan dompo (15),penyebab dompo (11),penyebab penyakit dompo (8),hewan penyebab dompo (6),penyakit dompo ular (4),penyebab dompo kulit (3),Dompo semut (2),obat menghilangkan bekas dompo (2),obat dompo tomcat (2),ciri ciri penyakit kulit dompo (2),penyebab dampa (2),cara menghilangkan penyakit dompo (2),serangga dompo (2),cara menghilangkan bekas dompo (2),menghilangkan bekas dompo (2),lidah buaya obat dompo (2),obat apotek sebelum dompo (1),obat penyakit dompo ular (1),www foto penyakit kulit dompo com (1),obat kayap atau dompo (1),obat herpes yang disebabkan tomcat (1),Obat alami dampa (1),obat dompo alami daun benahong (1),obat digigit tom cat (1),obat dampa tradisional (1),lidah buaya untuk mengobati penyakit dompo (1),mengenali ciri ciri penyakit dompo (1),obat alami penyakit dampa (1),menghilangkan bekas luka dompo (1),obat bekas dompo (1),menghilangkan bekas dompo dengan jebuk sari (1),mengobati dompo secara mistik (1),obat tomcat tradisional (1),obat tradisional dampa (1),penyebab terkenanya penyakit dompo (1),penyebab timbulnya penyakit dompo (1),perbedaan herpes dan dompo (1),perbedaan penyakit yang disebabkan tomcat dengan dompo (1),photo muka orang yg digigit tomcat (1),ramuan alami penyakit dompo uler (1),sengatan semut dompo (1),serangga penyebab dompo (1),Tomcat Penyebab dompo (1),penyebab penyakit tomcat (1),penyebab penyakit kulit dampa (1),obat tradisional dampa ular (1),obat tradisonal penyakit herpest\\kayap\\dompo (1),pantangan jika terkena penyakit dompo (1),pantangan penyakit tomket (1),patangan sakit dampa (1),penyakit dampa (1),penyakit dompo apakah mematikan? (1),penyebab dan obat penyakit dompo (1),penyebab penyakit dampa (1),tomket hewan penyebab penyakit herpes (1),akibat dampa ular (1),bekas dompo (1),bekas dompo pke lidah buaya jdi item ya (1),binatang penyebab penyakit herpes (1),binatang penyebab virus herpes (1),cara alami menghilangkan bekas tomket (1),cara menghilangkan bekas penyakit dompo (1),cara menyembuhkan dompo karena tomcat (1),ciri ciri penyakit dompo (1),ciri-ciri penyakit dompo (1),dampa dan tomcat (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *