di kosan ane banyak banget nih hewan gan, ane dulu sering banget jadi korban nih hewan gan… gara2 digigit nih hewan, kulit ane pada merah2 gan..

disini tuh hewan famous dengan sebutan TOMCAT, mungkin banyak yang belom tau ya, soalnya nih hewan gak terdapat di semua daerah. ini dia ulasannya…. cekidot…

Nama Am: Kumbang Rove
Nama Saintifik : Class : Insecta
Order : Coleoptera
Family : Staphylinidae
Species : Paederus fuscipes Curtis
Nama Tempatan: Semut Semai, Semut Kayap, Charlie etc.

Nama Hewan ini adalah KUMBANG ROVE. Kumbang Rove atau lebih dikenali juga dengan nama daerah Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie. Kumbang ini mempunyai ukuran kurang daripada 1 cm panjang. Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala berwarna gelap. Bagian tengah abdomen yang berwarna hijau tua mempunyai sepasang sayap keras.

Biasanya, kumbang ini kelihatan merangkak di kawasan sekeliling dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam sekali pandang ia lebih menyerupai semut. Apabila diganggu kumbang ini akan menaikkan bahagian abdomen supaya kelihatan seperti kala jengking untuk menakutkan
musuh.

Yang Menyebabkan Reaksi Kulit
Kumbang ini tidak menyengat atau menggigit. Cairan hemolimf yang terdapat di dalam badan (kecuali sayap) kumbang ini mengandungi racun sentuhan hewan yang paling berbisa di dunia. Toksin ini dikenali sebagai ‘paederin’ (C24 H43 O9 N) dinamakan dalam tahun 1953. Cairan ini disinyalir 12x lebih mematikan dari bisa ular kobra.

Tomcat otomatis akan mengeluarkan cairan apabila terjadi sentuhan atau benturan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui handuk, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. Itu sebabnya, jika sudah terkena dermatitis otomatis seperti seprei dan uba rampe-nya, handuk maupun alat-alat yang disinyalir terkena racun tomcat harus dibersihkan.

Bersentuhan dengan kumbang ini saat merayap atau tidur, menghancurkannya pada badan atau mengosok dengan jari yang kotor akan menyebabkan konjunktivitis dan penyakit kulit yang teruk yang dikenali sebagai ‘dermatitis linearis’, ‘paederus (kumbang rove/ staphylinidae) dermatitis’.


Jika ruam terjadi setelah terjadi kontak dengan kumbang ini:

1. Jika anda bersentuhan dengan kumbang ini, segera cuci bagian yang terkena dengan sabun dan air.
2. Mereka yang mengalami reaksi kulit yang parah (kayak gw) hendaklah mendapat perawatan medis.
3. Bagi penderita yg mengalami perbanyakan ruam, pastikan tiada lagi serangga ini di
tempat tidur dan tutup semua jendela ketika menjelang malam.
4. Bahan antiseptik seperti larutan potassium permanganate (KMnO4) boleh digunakan untuk mencuci.
5. Bahan antiseptik dicampur dengan krim steroid dengan kekuatan rendah
dapat mengurangi luka yg telah pecah.
6. Terakhir,jangan sampai luka yg masih basah terkena sinar matahari,karena dapat menyyebabkan bekas hitam yang sulit di hilangkan.

Untuk pengobatannya… gunakan saja Salep Acyclovir 5% yang bisa didapatkan di Toko Obat / Apotek terdekat..ada yang bilang pake getah lidah buaya bisa juga but bagi gw eman2 coz lukanya ntar malah jadi item…
Pasalnya karena dianggap sama dengan dompo tak jarang yang diobati dengan obat antivirus baik topikal maupun oral. Penggunaan obat tradisional semacam daun bobokan atau lidah buaya juga kurang dianjurkan. Pasalnya, bisa saja malah menyebabkan alergi. ”Sebab seharusnya diobati dengan obat anti radang dan apapun jenis herpesnya sebaiknya konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin

Kata Kunci Pencarian:

hewan tomcat (626),hewan penyebab dompo (58),penyakit dompo (33),penyebab dompo (27),ukuran binatang tomcat (23),hewan dompo (22),penyakit dompo ular (16),penyebab dampa (16),penyebab penyakit dompo (15),semut semai (15),cara menghilangkan bekas dompo (11),obat dompo kembang (10),dampa ular (6),penyakit dampa (6),Hewan Dampa (5),gambar penyakit dompo (5),cara menghilangkan penyakit dompo (5),menghilangkan bekas dompo (4),obat sakit dampa (4),ciri ciri terkena dompo (4),penyebab dompo kulit (4),penyebab penyakit kayap (4),pantangan dompo (4),sebab dompo (3),penyebab penyakit kulit dampa (3),semut dompo (3),perbedaan dompo dan herpes (3),ciri dompo (3),cara mengobati dampa (3),ciri penyakit dompo (3),obat digigit dampa (3),lidah buaya obat dompo (3),hewan penyebab penyakit dompo (3),hewan herpes (2),asal mula penyakit dompo (2),obat kayap atau dompo (2),obat kena dampa (2),obat dompo tomcat (2),ciri ciri penyakit kulit dompo (2),Obat alami dampa (2),binatang herpes (2),Obat herbal sakit kayap/dompo (2),Hewan Tomcet (2),larangan penyakit dompo (2),obat menghilangkan bekas dompo (2),cara menghilangkan bekas luka dompo (2),hewan penyebab herpes (2),binatang tomked (2),binatang dompo (2),dompo ular (2),Cara menghilangkan bekas tomket (2),binatang dampa (2),cara menghilangkan bekas penyakit jampes (2),Dompo semut (2),obat digigit dompo (2),obat tradisional dampa (2),foto dompo (2),Apakah Penyakit dompo mematikan (2),menghilangkan bekas luka dompo (2),menghilangkan bekas penyakit dompo (2),asal mula penyakit dampa (2),bekas dompo (2),tomcat dompo (2),pantangan penyakit dompo (2),sebab penyakit dompo (2),penyakit kulit dampa (2),samakah dompo dngan herpes (2),penyebab sakit dompo ular (2),Penyakit dompo semut (2),Tomcat Penyebab dompo (2),serangga dompo (2),serangga penyebab dompo (2),perbedaan luka herpes dan gigitan tomcat di kulit (1),perbedaan semut dan tomcat (1),perbedaan terkena herpes dengan tomcat (1),perbedan virus tomcat dengan herpes (1),perbedaan luka tomcat dengan herpes (1),photo muka orang yg digigit tomcat (1),Perbedaan herpes dan digigit tomcat (1),pnyebab pnyakit dumpo (1),ramuan alami penyakit dompo uler (1),perbedaan penyakit yang disebabkan tomcat dengan dompo (1),Perbedaan penyakit herpes dan penyakit yang disebabkan oleh hewan tomcat (1),perbedaan dompo dengan gigitan tomcat (1),perbedaan jampes dan herpes (1),perbedaan penyakit tom cat dan herpes (1),perbedaan jampes dan dompo (1),perbedaan luka herpes dan tomcat (1),Perbedaan herpes dengan dompo (1),perbedaan penyakit jampes dg dompo (1),perbedaan herpes dan dompo (1),perbedaan herpes sama di gigit tomcat (1),ramuan apa yang bisa menyembuhkan anak dompo (1),ramuan penyakit dompo (1),tom cat hewan (1),tomcat apakah penyebab dampa (1),tomket hewan penyebab penyakit herpes (1),ubat penyakit kulit charlie (1),www cara menyembuhkan penyakit kayap (1),www foto hewan tomcet (1),www foto penyakit kulit dompo com (1),www gambar gambar penyakit dumpo (1),www penyebab dompo com (1),www penyebab penyakit dampa (1),www penyebab penyebab penyakit dompo (1),tergigit binatang toket (1),serangga penyebab penyakit dompo (1),serangga dampa (1),resiko penyebab terkena tomcat (1),resiko sakit dompo tak diobati (1),sakit dampa (1),sakit herpes dari hewan (1),salep acyclovir untuk penyakit dampa (1),salep penghilang bekas dompo (1),salep u penyakit kulit dompo (1),salep untuk mengobati sakit kayap (1),semut dampa jadi penyakit (1),sengat dompo (1),sengatan semut dompo (1),yang menyebabkn penyaki dompo (1),pantangan digigit tomcat (1),penyakit bekas gigitan toket (1),penyakit dampa dan pengobatan nya (1),penyakit di sengat semut se macam tomket (1),penyakit dompa disebab kn oleh hewan (1),penyakit dompo apakah mematikan? (1),penyakit dompo kena sinar matahari (1),penyakit dompo(tomket) (1),penyakit gara2 tomcat (1),penyakit karena hewan tomcat (1),Penyakit kulit menyerupai senatan tomcat (1),penyakit terkena hewan kecil toket (1),penyakit yang disebabkan karena hewan tomcat (1),Penyaki dompo ular (1),pengobatan penyakit kayap (1),penghilang bekas dompo (1),pantangan jika terkena penyakit dompo (1),pantangan orang yang kena tomcat (1),pantangan penyakit akibat tomcat (1),pantangan penyakit tomket (1),pantangan pnykit dompo (1),pantangan saat kulit terserang tomcat (1),pantangan selama pengobatan tomcat (1),pantangan terhadap penyakit yg di sebabkan racun tomcat (1),pantangan untuk penyakit dompo (1),patangan penyakit dompo (1),patangan sakit dampa (1),penggunaan salep acyclovir pd sakit dompo (1),penyakit yang mirip dengan dompo (1),penyakitkulitdampa (1),penyebab penyakit dompo di kulit kepala (1),penyebab penyakit tomcat (1),penyebab terkenanya penyakit dompo (1),penyebab timbulnya penyakit dompo (1),penyebabpenyakit dompo (1),penyembuhan tomcat & penyebabnya (1),perbedaan antara penyakit herpes dan dompo (1),perbedaan ciri-ciri herpes dengan digigit tomcat (1),perbedaan dampa sama tomcat (1),perbedaan dompo atau tomcat (1),perbedaan dompo dan gigitan tomcat (1),perbedaan dompo dan kena tomcat (1),penyebab penyakit dampa (1),penyebab luka dompo (1),penyebab kulit terkena penyakit dompo (1),penyebab & ciri ciri penyakit dompo (1),penyebab alergi kayap (1),penyebab dampa dan pengobatannya (1),penyebab dampa uler (1),penyebab dan cara mengatasi penyakit kayap (1),penyebab dan cara mengobati penyakit akibat tomcat (1),penyebab dan obat dampa (1),penyebab dan obat penyakit dompo (1),penyebab dompo dan obatnya (1),penyebab dompo herpes hewan (1),penyebab dompo lonte (1),penyebab kayap air dan obatnya (1),perbedaan dompo dan tomcat (1),kulit menghitam akibat dompo (1),Larangan terkena penyakit dompo (1),kulit yang terkena hewan dompo (1),kumbang rove dompo (1),larangan untuk penyakit dompo (1),larangan untuk orang yang sakit dompo (1),larangan terkena tomcat (1),larangan saat kena gigitan tomcat (1),kumbang yang menyebabkan herpes (1),larangan ketika terkena penyakit tomcat (1),luka digigit dompo (1),larangan bagi penderita tomket (1),kunyit obat tradisional dampa (1),kunyit bisa sembuhkan penyakit dompo (1),kunyit bisa mengobati tomcat (1),kumpulan foto penyakit herpes dompo (1),Kunyit obat dampa (1),lidah buaya untuk mengobati penyakit dompo (1),kulit hitam karena dompo (1),Koleksi foto ular dompo (1),gambar serangga menyebab dompo (1),Gambar Sakit dampa (1),Gambar penyakit karena kumbang rove (1),gambar penyakit dampa (1),gambar penyakit aneh yg di sebabkan oleh binatang (1),gambar org yg terkena penyakit kulit dumpo (1),gambar gambar herpes dompo (1),gambar ciri sakit dompo (1),gambar ciri penyakit kayap (1),gambar binatang herpes (1),gambar binatang dampa (1),gambar beda kulit yang kena tomcat dengan herpes (1),foto penyakit kuli kayap herpes dumpo (1),foto penyakit dompo (1),foto penyakit d (1),foto hewan yang mengakibatkan dompo (1),herves disebabkan tomcat (1),hewan apa dan gambar yang bisa dompo (1),kayap dompo (1),hilangkan bekas dompo (1),hilangin bekas dompo (1),hewan yg mengakibatkan dompo (1),hewan yang menyebabkan penyakit kayap (1),hewan yang menyebabkan herpes (1),hewan tomcat penyebab herpes ? (1),hewan penyebar herpes (1),hewan penyebab penyakit herpes (1),ciri kena dompo karena hewan (1),hewan penyebab bisa kena penyakit dompo (1),hewan herves (1),hewan dumpo (1),hewan dompo apa bisa membunuh (1),hewan dampa gambar (1),hewan apa penyebab virus dompo (1),hilangin bekas luka dompo (1),macam macam penyakit yang menyerupai gigitan tomcat (1),Obatpenyakitdompoular (1),obat terkena tongket (1),obat terkena serangga dampa (1),obat salep dompo yang mujarap atau obat tomket (1),obat sakit lidah yg digigit (1),obat sakit kulit herpes dompo tom cat (1),obat penyakit tomcat (1),obat penyakit dompo ular (1),Obat penyakit dompo atau kayap (1),obat kulit dampa (1),obat kena sengat tomket (1),obat kayap /dompo (1),obat hewan dompo (1),obat herpes yang disebabkan tomcat (1),obat dompo/kayap adalah (1),Obat Dompo Ular Tradisional (1),obat dompo ular (1),obat tomcat tradisional (1),obat tradisional dampa ular (1),obat tradisional dompo (1),obati dompo dengan lidah buaya (1),obat untuk yang terkena hewan dompo (1),obat untuk penyakit kulit dampa (1),Obat untuk penyakit dompo ular (1),obat untuk penyakit dompo atau tomcat (1),obat untuk mengobati terkena hewan dompo (1),obat untuk mengobati dompo kembang (1),obat untuk herpes atau digigit semut (1),obat untuk dampa alami (1),obat trkena dampa (1),obat tradisonal penyakit herpest\\kayap\\dompo (1),obat tradisional untuk dompo air comberan (1),obat tradisional untuk dompo (1),obat tradisional penghilang bekas dompo (1),obat tradisional herpes atau dompo (1),obat tradisional dompo ular (1),Obat dompo tradisional (1),obat dompo semut (1),mengobati penyakit dampa dengan kunyit (1),mengobati gigitan dompo (1),mengobati dompo secara mistik (1),menghilngkan bekas luka dompo di tubuh (1),menghilangkang bekas hitamherpes (1),menghilangkan bekas gigitan tomket yg menghitam dengan bhan alami (1),menghilangkan bekas dompo dengan jebuk sari (1),obat bekas luka di sengat tomket (1),mengenali ciri ciri penyakit dompo (1),memulihkan bekas dompo dengan tradisional (1),membedakan virus herpes dan tomcat (1),Membedakan binatang tomcat (1),manfaat lidahbuaya untuk dompo (1),manfaat lidah buaya untuk dompo atau herpes (1),manfaat lidah buaya bagi penderita dompo (1),manfaat daun binahong untuk dompo (1),Merk salep kulit terkena dompo/tomcat (1),obat alami di gigit dampa (1),obat alami penyakit dampa (1),obat dompo dokter (1),obat dompo daun binahong (1),obat dompo alami daun benahong (1),obat dompo acyclovir 5 (1),obat dompo (1),obat digigit tomcat (1),obat digigit tom cat (1),obat digigit serangga charlie (1),obat dampa ular (1),obat dampa tradisional (1),obat buat digigit semut dampa (1),obat bekas dompo (1),obat apotek sebelum dompo (1),obat alergi dompo (1),obat alami untuk penyakit dampa (1),obat alami terkena tomket (1),macam macam sakit dompo (1),foto gambar sakit dompo (1),cara menghilangkan bekas luka dampa (1),binatang kumbang toket (1),bentuk hewan penyakit dompo (1),benarkah dompo disebabkan tomcat (1),bekas dompo pke lidah buaya jdi item ya (1),bedanya tomcat dan dompo (1),bedanya herpes dengan dompo (1),bedanya herpes dan dompo (1),bedanya dampa dan tomcat (1),beda penyakit tongket dan dompo (1),beda herpes dengan dompo (1),beda herpes dan dompo (1),beda dompo dan herpes (1),beda dompo (1),bahaya hewan dompo (1),Bahaya dompo ular (1),Bagaimana cra menghilangkan bekas penyakit dompo (1),awal mula virus tomcat (1),binatang penyebab dompo (1),binatang penyebab penyakit herpes (1),cara menghilangkan bekas lika dompo secara alami (1),cara menghilangkan bekas hitam kulit karena penyakit dompo (1),Cara menghilangkan bekas hitam herpes atau dompo (1),Cara Menghilangkan Bekas Dompo Secara Alami (1),cara menghilangkan bekas dompo di wajah (1),cara menghilangkan bekas dompo di muka (1),cara menghilangkan bekas dampa secara alami (1),cara menghilangkan bekas dampa (1),cara mencuci pakaian yang terkena dompo (1),cara mencegah dompo (1),cara hilangkan bekas dompo (1),cara cepat menghilangkan bekas dompo (1),cara bunuh dompo (1),cara atau obat penghilang bekas luka atau bekas tomcat (1),cara alami menyembuhkan dompo (1),cara alami menghilangkan bekas tomket (1),binatang penyebab virus herpes (1),awal mula penyakit dompo (1),awal mula penyakit dampa (1),asalusul penyakit dompo (1),apakah penyakit dampa berbahaya? (1),apakah lidah buaya bisa mengobati racun tomcat? (1),apakah hewan dompo? (1),apakah dompo berbahaya (1),apa perbedaan penyakit tomket sama dompo (1),apa perbedaan herpes sama dompo (1),apa penyebab dompo (1),apa penyebab dampa (1),Apa penyakit dompo diwajah bisa mematikan (1),apa pantang nya penyakit dompo (1),apa lidah buaya dapat menghilangkan bekas dompo (1),apa itu penyakit dompo ular (1),apa bedanya dompo sama tomcat (1),antiseptik alami untuk penyakit dompo (1),alergi kayap (1),alergi dompo (1),akibat dompo (1),apakah penyakit dampa bisa mematikan (1),apakah penyakit dompo berbahaya? (1),asal usul semut semai (1),asal usul penyakit dompo (1),asal usul dompo ular (1),asal mula timbulnya dompo (1),asal mula terjangkit dompo (1),asal mula penyakit haerfers tomket (1),Asal mula luka dampa (1),asal mula dompo (1),artikel obat sakit dompo (1),artikel makanan untuk sakit dompo (1),arti dompo (1),apakah tomket berbahaya (1),apakah salep yg hrus di pkai untk pnyakit kayAp (1),apakah penyakit tomcat atau herpes penyakit yang parah (1),apakah penyakit herpes dompo mematikan (1),apakah penyakit dompo sama dengan penyakit kayap (1),apakah penyakit dompo ini membahayakan (1),akibat dampa ular (1),foto deerah dompo (1),dompo atau elergi (1),dompo apa yg pling mematikan (1),Dompo (1),digigit semut yang ada sayapnya diobati pake apa (1),Digigit hewan dompo (1),Digigit dampa (1),di gigit hewan dompo (1),daun yg bisa mengobati dompo (1),Daun untuk menyembuhkan dompo (1),daun obat penyakit dompo (1),daun kemudu obat dompo (1),daun binahong untuk mengobati dompo (1),Dampa ular oct tradisional (1),dampa dan tomcat (1),cuci muka saat terkena dompo apa boleh (1),cra mengobati dompo dgcra mistik (1),ciri2 terkena dompo (1),dompo atau herpes (1),Dompo atau kayap (1),foto binatang penyebab dampa/herpes (1),drompo ular (1),Downlot ap obtnya dompoan (1),dompoan sebanya (1),dompoan pada anak konsulltasi ke dokter apa? (1),dompo/kayap (1),dompo yg di sebabkan oLeh hewan dan cara mengobati (1),dompo tomket (1),dompo tomcat (1),dompo tidak berbahaya (1),Dompo serangga (1),dompo obat hewan (1),dompo kembang (1),dompo karena tomcat dengan gambar (1),dompo karena tomcat (1),Dompo hewan (1),dompo dalam medis (1),ciri2 dompo (1),ciri-ciri penyakit kayap (1),ciri-ciri penyakit dompo (1),cara mengobati sakit kayap (1),cara mengobati penyakt kulit yg disebabkn oleh tomcat secaraa alami (1),cara mengobati penyakit kulit dampa (1),cara mengobati penyakit kayap (1),cara mengobati penyakit hearpes dari hewan tomket (1),cara mengobati penyakit dampa (1),cara mengobati orang terkena hewan dampa (1),cara mengobati kulit digigit dompo (1),cara mengobati dampah (1),cara menghilangkan luka tomcat secara alami (1),cara menghilangkan luka bekas dompo (1),cara menghilangkan dompo semut (1),cara menghilangkan dompo (1),cara menghilangkan Dampa (1),cara menghilangkan bekas penyakit kulit dampa (1),cara menghilangkan bekas penyakit dompo (1),cara menghilangkan bekas penyakit dampo (1),cara menyembuhkan dompo karena tomcat (1),Cara menyembuhkan herves dompo (1),ciri-ciri dompo (1),ciri sakiyt dompo (1),ciri sakit tomcat (1),ciri sakit dan gambar sakit kayap (1),ciri penyakit kayap (1),ciri penyakit dompo kembang (1),ciri ciri penyakit yang disebabkan oleh tomcat (1),ciri ciri penyakit dompo (1),ciri ciri kayap (1),ciri ciri digigit tomcat dan herpes (1),ciri ciri dampa (1),charlie penyebab penyakit (1),cerita asal usul penuakit dompo (1),cara/obat terkena binatang dampa (1),cara ngilangin bekas luka dompo (1),cara mwnghilangkan bekas penyakit kayap (1),cara menyembuhkan kulit yang di gigit dampa (1),cara menghilangkan bekas luka tomcat di wajah (1)

Comments are closed.