di kosan ane banyak banget nih hewan gan, ane dulu sering banget jadi korban nih hewan gan… gara2 digigit nih hewan, kulit ane pada merah2 gan.. disini tuh hewan famous dengan sebutan TOMCAT, mungkin banyak yang belom tau ya, soalnya nih hewan gak terdapat di semua daerah. ini dia ulasannya…. cekidot…

Nama Am: Kumbang Rove
Nama Saintifik : Class : Insecta
Order : Coleoptera
Family : Staphylinidae
Species : Paederus fuscipes Curtis
Nama Tempatan: Semut Semai, Semut Kayap, Charlie etc.

Nama Hewan ini adalah KUMBANG ROVE. Kumbang Rove atau lebih dikenali juga dengan nama daerah Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie. Kumbang ini mempunyai ukuran kurang daripada 1 cm panjang. Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala berwarna gelap. Bagian tengah abdomen yang berwarna hijau tua mempunyai sepasang sayap keras.

Biasanya, kumbang ini kelihatan merangkak di kawasan sekeliling dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam sekali pandang ia lebih menyerupai semut. Apabila diganggu kumbang ini akan menaikkan bahagian abdomen supaya kelihatan seperti kala jengking untuk menakutkan
musuh.

Yang Menyebabkan Reaksi Kulit
Kumbang ini tidak menyengat atau menggigit. Cairan hemolimf yang terdapat di dalam badan (kecuali sayap) kumbang ini mengandungi racun sentuhan hewan yang paling berbisa di dunia. Toksin ini dikenali sebagai ‘paederin’ (C24 H43 O9 N) dinamakan dalam tahun 1953. Cairan ini disinyalir 12x lebih mematikan dari bisa ular kobra.

Tomcat otomatis akan mengeluarkan cairan apabila terjadi sentuhan atau benturan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui handuk, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. Itu sebabnya, jika sudah terkena dermatitis otomatis seperti seprei dan uba rampe-nya, handuk maupun alat-alat yang disinyalir terkena racun tomcat harus dibersihkan.

Bersentuhan dengan kumbang ini saat merayap atau tidur, menghancurkannya pada badan atau mengosok dengan jari yang kotor akan menyebabkan konjunktivitis dan penyakit kulit yang teruk yang dikenali sebagai ‘dermatitis linearis’, ‘paederus (kumbang rove/ staphylinidae) dermatitis’.


Jika ruam terjadi setelah terjadi kontak dengan kumbang ini:

1. Jika anda bersentuhan dengan kumbang ini, segera cuci bagian yang terkena dengan sabun dan air.
2. Mereka yang mengalami reaksi kulit yang parah (kayak gw) hendaklah mendapat perawatan medis.
3. Bagi penderita yg mengalami perbanyakan ruam, pastikan tiada lagi serangga ini di
tempat tidur dan tutup semua jendela ketika menjelang malam.
4. Bahan antiseptik seperti larutan potassium permanganate (KMnO4) boleh digunakan untuk mencuci.
5. Bahan antiseptik dicampur dengan krim steroid dengan kekuatan rendah
dapat mengurangi luka yg telah pecah.
6. Terakhir,jangan sampai luka yg masih basah terkena sinar matahari,karena dapat menyyebabkan bekas hitam yang sulit di hilangkan.

Untuk pengobatannya… gunakan saja Salep Acyclovir 5% yang bisa didapatkan di Toko Obat / Apotek terdekat..ada yang bilang pake getah lidah buaya bisa juga but bagi gw eman2 coz lukanya ntar malah jadi item…
Pasalnya karena dianggap sama dengan dompo tak jarang yang diobati dengan obat antivirus baik topikal maupun oral. Penggunaan obat tradisional semacam daun bobokan atau lidah buaya juga kurang dianjurkan. Pasalnya, bisa saja malah menyebabkan alergi. ”Sebab seharusnya diobati dengan obat anti radang dan apapun jenis herpesnya sebaiknya konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin

Kata Kunci Pencarian:

hewan tomcat (623),penyakit dompo (31),penyebab dompo (25),ukuran binatang tomcat (23),hewan dompo (19),hewan penyebab dompo (18),semut semai (15),penyakit dompo ular (14),penyebab penyakit dompo (11),penyebab dampa (8),obat dompo kembang (6),cara menghilangkan penyakit dompo (5),cara menghilangkan bekas dompo (4),penyebab dompo kulit (4),menghilangkan bekas dompo (4),perbedaan dompo dan herpes (3),ciri ciri terkena dompo (3),penyebab penyakit kayap (3),penyakit dampa (3),penyebab penyakit kulit dampa (3),lidah buaya obat dompo (3),menghilangkan bekas penyakit dompo (2),hewan herpes (2),obat kayap atau dompo (2),Hewan Dampa (2),Cara menghilangkan bekas tomket (2),menghilangkan bekas luka dompo (2),obat menghilangkan bekas dompo (2),Dompo semut (2),obat sakit dampa (2),ciri ciri penyakit kulit dompo (2),obat dompo tomcat (2),ciri penyakit dompo (2),foto dompo (2),dampa ular (2),dompo ular (2),penyebab sakit dompo ular (2),serangga penyebab dompo (2),Tomcat Penyebab dompo (2),serangga dompo (2),bekas dompo (2),samakah dompo dngan herpes (2),Apakah Penyakit dompo mematikan (2),ramuan alami penyakit dompo uler (1),Obat penyakit dompo atau kayap (1),sebab dompo (1),sengat dompo (1),sengatan semut dompo (1),obat herpes yang disebabkan tomcat (1),obat penyakit dompo ular (1),obat penyakit tomcat (1),sakit dampa (1),obat tradisional untuk dompo (1),obat tradisional penghilang bekas dompo (1),obat tradisional herpes atau dompo (1),obat tradisional dompo (1),obat tradisional dampa ular (1),obat tradisional dampa (1),obat tomcat tradisional (1),resiko sakit dompo tak diobati (1),obat terkena tongket (1),obat sakit kulit herpes dompo tom cat (1),Obat Dompo Ular Tradisional (1),Obat dompo tradisional (1),tom cat hewan (1),obat bekas dompo (1),tomket hewan penyebab penyakit herpes (1),obat apotek sebelum dompo (1),obat alergi dompo (1),obat alami penyakit dampa (1),obat alami di gigit dampa (1),Obat alami dampa (1),mengobati dompo secara mistik (1),www foto penyakit kulit dompo com (1),www penyebab dompo com (1),obat dampa tradisional (1),obat dampa ular (1),obat digigit dampa (1),gambar ciri sakit dompo (1),obat dompo semut (1),obat dompo dokter (1),obat dompo alami daun benahong (1),obat dompo acyclovir 5 (1),obat dompo (1),obat digigit tomcat (1),obat digigit tom cat (1),obat digigit serangga charlie (1),obat digigit dompo (1),obat kulit dampa (1),obat tradisonal penyakit herpest\\kayap\\dompo (1),penyebab penyakit tomcat (1),penyebab dan obat dampa (1),penyebab dan cara mengobati penyakit akibat tomcat (1),perbedaan herpes dan dompo (1),perbedaan jampes dan herpes (1),perbedaan luka herpes dan tomcat (1),penyebab alergi kayap (1),penyakit yang mirip dengan dompo (1),penyakit terkena hewan kecil toket (1),Penyakit kulit menyerupai senatan tomcat (1),penyakit kulit dampa (1),penyakit karena hewan tomcat (1),perbedaan dompo atau tomcat (1),penyebab dan obat penyakit dompo (1),penyebab terkenanya penyakit dompo (1),ramuan penyakit dompo (1),penyebab penyakit dompo di kulit kepala (1),penyebab timbulnya penyakit dompo (1),penyebab penyakit dampa (1),penyebab luka dompo (1),penyembuhan tomcat & penyebabnya (1),penyebab kayap air dan obatnya (1),perbedaan antara penyakit herpes dan dompo (1),penyebab dompo dan obatnya (1),perbedaan ciri-ciri herpes dengan digigit tomcat (1),penyakit gara2 tomcat (1),perbedaan luka tomcat dengan herpes (1),patangan sakit dampa (1),patangan penyakit dompo (1),pantangan saat kulit terserang tomcat (1),pantangan penyakit tomket (1),pantangan penyakit akibat tomcat (1),pantangan jika terkena penyakit dompo (1),pantangan dompo (1),Obatpenyakitdompoular (1),Obat untuk penyakit dompo ular (1),obat untuk mengobati terkena hewan dompo (1),obat untuk herpes atau digigit semut (1),penggunaan salep acyclovir pd sakit dompo (1),pengobatan penyakit kayap (1),Perbedaan penyakit herpes dan penyakit yang disebabkan oleh hewan tomcat (1),Penyakit dompo semut (1),perbedaan penyakit jampes dg dompo (1),penyakit dompo kena sinar matahari (1),penyakit dompo apakah mematikan? (1),perbedaan penyakit yang disebabkan tomcat dengan dompo (1),penyakit di sengat semut se macam tomket (1),perbedaan terkena herpes dengan tomcat (1),penyakit dampa dan pengobatan nya (1),photo muka orang yg digigit tomcat (1),penyakit bekas gigitan toket (1),penyebab dampa uler (1),ciri sakit dan gambar sakit kayap (1),cara menghilangkan bekas penyakit dampo (1),cara menghilangkan bekas hitam kulit karena penyakit dompo (1),Cara Menghilangkan Bekas Dompo Secara Alami (1),cara mencegah dompo (1),cara atau obat penghilang bekas luka atau bekas tomcat (1),cara alami menyembuhkan dompo (1),cara alami menghilangkan bekas tomket (1),binatang tomked (1),binatang penyebab virus herpes (1),binatang penyebab penyakit herpes (1),binatang penyebab dompo (1),bekas dompo pke lidah buaya jdi item ya (1),bedanya tomcat dan dompo (1),cara menghilangkan bekas penyakit dompo (1),cara menghilangkan bekas penyakit jampes (1),ciri kena dompo karena hewan (1),akibat dampa ular (1),ciri ciri penyakit dompo (1),charlie penyebab penyakit (1),cara/obat terkena binatang dampa (1),Cara menyembuhkan herves dompo (1),cara menyembuhkan dompo karena tomcat (1),cara mengobati penyakit kulit dampa (1),cara mengobati penyakit kayap (1),cara mengobati orang terkena hewan dampa (1),cara mengobati dampah (1),cara menghilangkan luka tomcat secara alami (1),cara menghilangkan dompo (1),bedanya herpes dengan dompo (1),bedanya herpes dan dompo (1),apakah salep yg hrus di pkai untk pnyakit kayAp (1),apakah penyakit tomcat atau herpes penyakit yang parah (1),apakah penyakit dompo ini membahayakan (1),apakah penyakit dompo berbahaya? (1),apakah penyakit dampa bisa mematikan (1),apakah hewan dompo? (1),apakah dompo berbahaya (1),apa perbedaan herpes sama dompo (1),apa penyebab dompo (1),apa penyebab dampa (1),apa bedanya dompo sama tomcat (1),antiseptik alami untuk penyakit dompo (1),alergi dompo (1),artikel makanan untuk sakit dompo (1),artikel obat sakit dompo (1),beda penyakit tongket dan dompo (1),beda herpes dan dompo (1),beda dompo dan herpes (1),beda dompo (1),bahaya hewan dompo (1),Bagaimana cra menghilangkan bekas penyakit dompo (1),awal mula virus tomcat (1),awal mula penyakit dampa (1),asalusul penyakit dompo (1),asal usul semut semai (1),asal usul penyakit dompo (1),asal mula timbulnya dompo (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *