di kosan ane banyak banget nih hewan gan, ane dulu sering banget jadi korban nih hewan gan… gara2 digigit nih hewan, kulit ane pada merah2 gan.. disini tuh hewan famous dengan sebutan TOMCAT, mungkin banyak yang belom tau ya, soalnya nih hewan gak terdapat di semua daerah. ini dia ulasannya…. cekidot…

Nama Am: Kumbang Rove
Nama Saintifik : Class : Insecta
Order : Coleoptera
Family : Staphylinidae
Species : Paederus fuscipes Curtis
Nama Tempatan: Semut Semai, Semut Kayap, Charlie etc.

Nama Hewan ini adalah KUMBANG ROVE. Kumbang Rove atau lebih dikenali juga dengan nama daerah Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie. Kumbang ini mempunyai ukuran kurang daripada 1 cm panjang. Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala berwarna gelap. Bagian tengah abdomen yang berwarna hijau tua mempunyai sepasang sayap keras.

Biasanya, kumbang ini kelihatan merangkak di kawasan sekeliling dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam sekali pandang ia lebih menyerupai semut. Apabila diganggu kumbang ini akan menaikkan bahagian abdomen supaya kelihatan seperti kala jengking untuk menakutkan
musuh.

Yang Menyebabkan Reaksi Kulit
Kumbang ini tidak menyengat atau menggigit. Cairan hemolimf yang terdapat di dalam badan (kecuali sayap) kumbang ini mengandungi racun sentuhan hewan yang paling berbisa di dunia. Toksin ini dikenali sebagai ‘paederin’ (C24 H43 O9 N) dinamakan dalam tahun 1953. Cairan ini disinyalir 12x lebih mematikan dari bisa ular kobra.

Tomcat otomatis akan mengeluarkan cairan apabila terjadi sentuhan atau benturan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui handuk, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. Itu sebabnya, jika sudah terkena dermatitis otomatis seperti seprei dan uba rampe-nya, handuk maupun alat-alat yang disinyalir terkena racun tomcat harus dibersihkan.

Bersentuhan dengan kumbang ini saat merayap atau tidur, menghancurkannya pada badan atau mengosok dengan jari yang kotor akan menyebabkan konjunktivitis dan penyakit kulit yang teruk yang dikenali sebagai ‘dermatitis linearis’, ‘paederus (kumbang rove/ staphylinidae) dermatitis’.


Jika ruam terjadi setelah terjadi kontak dengan kumbang ini:

1. Jika anda bersentuhan dengan kumbang ini, segera cuci bagian yang terkena dengan sabun dan air.
2. Mereka yang mengalami reaksi kulit yang parah (kayak gw) hendaklah mendapat perawatan medis.
3. Bagi penderita yg mengalami perbanyakan ruam, pastikan tiada lagi serangga ini di
tempat tidur dan tutup semua jendela ketika menjelang malam.
4. Bahan antiseptik seperti larutan potassium permanganate (KMnO4) boleh digunakan untuk mencuci.
5. Bahan antiseptik dicampur dengan krim steroid dengan kekuatan rendah
dapat mengurangi luka yg telah pecah.
6. Terakhir,jangan sampai luka yg masih basah terkena sinar matahari,karena dapat menyyebabkan bekas hitam yang sulit di hilangkan.

Untuk pengobatannya… gunakan saja Salep Acyclovir 5% yang bisa didapatkan di Toko Obat / Apotek terdekat..ada yang bilang pake getah lidah buaya bisa juga but bagi gw eman2 coz lukanya ntar malah jadi item…
Pasalnya karena dianggap sama dengan dompo tak jarang yang diobati dengan obat antivirus baik topikal maupun oral. Penggunaan obat tradisional semacam daun bobokan atau lidah buaya juga kurang dianjurkan. Pasalnya, bisa saja malah menyebabkan alergi. ”Sebab seharusnya diobati dengan obat anti radang dan apapun jenis herpesnya sebaiknya konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin

Kata Kunci Pencarian:

hewan tomcat (623),penyakit dompo (32),penyebab dompo (25),ukuran binatang tomcat (23),hewan penyebab dompo (21),hewan dompo (19),semut semai (15),penyakit dompo ular (14),penyebab penyakit dompo (11),penyebab dampa (11),cara menghilangkan bekas dompo (7),obat dompo kembang (6),dampa ular (5),cara menghilangkan penyakit dompo (5),penyebab dompo kulit (4),menghilangkan bekas dompo (4),penyebab penyakit kayap (4),ciri ciri terkena dompo (4),penyakit dampa (3),ciri penyakit dompo (3),perbedaan dompo dan herpes (3),penyebab penyakit kulit dampa (3),obat sakit dampa (3),cara mengobati dampa (3),lidah buaya obat dompo (3),obat menghilangkan bekas dompo (2),Cara menghilangkan bekas tomket (2),obat dompo tomcat (2),obat kayap atau dompo (2),bekas dompo (2),Hewan Dampa (2),penyebab sakit dompo ular (2),hewan herpes (2),foto dompo (2),menghilangkan bekas luka dompo (2),ciri ciri penyakit kulit dompo (2),pantangan dompo (2),Tomcat Penyebab dompo (2),menghilangkan bekas penyakit dompo (2),serangga penyebab dompo (2),serangga dompo (2),Apakah Penyakit dompo mematikan (2),samakah dompo dngan herpes (2),obat digigit dompo (2),obat tradisional dampa (2),Dompo semut (2),dompo ular (2),obat tradisional dompo (1),Obat untuk penyakit dompo ular (1),obat tradisional dampa ular (1),obat penyakit tomcat (1),obat untuk penyakit kulit dampa (1),obat tradisional herpes atau dompo (1),obat tradisional penghilang bekas dompo (1),obat tradisonal penyakit herpest\\kayap\\dompo (1),obat terkena tongket (1),obat untuk mengobati terkena hewan dompo (1),obat tradisional untuk dompo (1),obat tomcat tradisional (1),obat untuk herpes atau digigit semut (1),obat untuk dampa alami (1),obat trkena dampa (1),obat sakit kulit herpes dompo tom cat (1),obat penyakit dompo ular (1),obat digigit serangga charlie (1),obat digigit dampa (1),obat dampa ular (1),obat dampa tradisional (1),obat bekas dompo (1),obat apotek sebelum dompo (1),obat alergi dompo (1),obat alami penyakit dampa (1),obat alami di gigit dampa (1),Obat alami dampa (1),menghilangkan bekas gigitan tomket yg menghitam dengan bhan alami (1),menghilangkan bekas dompo dengan jebuk sari (1),obat digigit tom cat (1),obat digigit tomcat (1),obat dompo (1),Obat penyakit dompo atau kayap (1),obat kulit dampa (1),obat kena sengat tomket (1),obat herpes yang disebabkan tomcat (1),Obat Dompo Ular Tradisional (1),mengobati dompo secara mistik (1),Obat dompo tradisional (1),foto penyakit kuli kayap herpes dumpo (1),obat dompo semut (1),obat dompo dokter (1),obat dompo alami daun benahong (1),obat dompo acyclovir 5 (1),mengenali ciri ciri penyakit dompo (1),www penyebab dompo com (1),perbedaan penyakit jampes dg dompo (1),Perbedaan penyakit herpes dan penyakit yang disebabkan oleh hewan tomcat (1),perbedaan luka tomcat dengan herpes (1),perbedaan luka herpes dan tomcat (1),perbedaan jampes dan herpes (1),perbedaan herpes dan dompo (1),perbedaan dompo dan tomcat (1),perbedaan dompo atau tomcat (1),perbedaan ciri-ciri herpes dengan digigit tomcat (1),perbedaan antara penyakit herpes dan dompo (1),penyembuhan tomcat & penyebabnya (1),penyebabpenyakit dompo (1),penyebab timbulnya penyakit dompo (1),penyebab terkenanya penyakit dompo (1),perbedaan penyakit yang disebabkan tomcat dengan dompo (1),perbedaan terkena herpes dengan tomcat (1),www foto penyakit kulit dompo com (1),tomket hewan penyebab penyakit herpes (1),tomcat apakah penyebab dampa (1),tom cat hewan (1),serangga penyebab penyakit dompo (1),sengatan semut dompo (1),sengat dompo (1),sebab dompo (1),sakit dampa (1),resiko sakit dompo tak diobati (1),ramuan penyakit dompo (1),ramuan apa yang bisa menyembuhkan anak dompo (1),ramuan alami penyakit dompo uler (1),photo muka orang yg digigit tomcat (1),penyebab penyakit tomcat (1),penyebab penyakit dompo di kulit kepala (1),Penyakit dompo semut (1),penyakit dompo kena sinar matahari (1),penyakit dompo apakah mematikan? (1),penyakit di sengat semut se macam tomket (1),penyakit dampa dan pengobatan nya (1),penyakit bekas gigitan toket (1),pengobatan penyakit kayap (1),penggunaan salep acyclovir pd sakit dompo (1),patangan sakit dampa (1),patangan penyakit dompo (1),pantangan saat kulit terserang tomcat (1),pantangan penyakit tomket (1),pantangan penyakit akibat tomcat (1),pantangan jika terkena penyakit dompo (1),penyakit gara2 tomcat (1),penyakit karena hewan tomcat (1),penyebab penyakit dampa (1),penyebab luka dompo (1),penyebab kayap air dan obatnya (1),penyebab dompo herpes hewan (1),penyebab dompo dan obatnya (1),penyebab dan obat penyakit dompo (1),penyebab dan obat dampa (1),penyebab dan cara mengobati penyakit akibat tomcat (1),penyebab dampa uler (1),penyebab alergi kayap (1),penyakit yang mirip dengan dompo (1),penyakit terkena hewan kecil toket (1),Penyakit kulit menyerupai senatan tomcat (1),penyakit kulit dampa (1),Obatpenyakitdompoular (1),ciri kena dompo karena hewan (1),cara menghilangkan bekas penyakit dompo (1),cara menghilangkan bekas penyakit dampo (1),cara menghilangkan bekas hitam kulit karena penyakit dompo (1),Cara menghilangkan bekas hitam herpes atau dompo (1),Cara Menghilangkan Bekas Dompo Secara Alami (1),cara menghilangkan bekas dampa secara alami (1),cara mencegah dompo (1),cara atau obat penghilang bekas luka atau bekas tomcat (1),cara alami menyembuhkan dompo (1),cara alami menghilangkan bekas tomket (1),binatang tomked (1),binatang penyebab virus herpes (1),binatang penyebab penyakit herpes (1),binatang penyebab dompo (1),binatang herpes (1),cara menghilangkan bekas penyakit jampes (1),cara menghilangkan bekas penyakit kulit dampa (1),ciri dompo (1),akibat dampa ular (1),ciri ciri penyakit dompo (1),charlie penyebab penyakit (1),cara/obat terkena binatang dampa (1),Cara menyembuhkan herves dompo (1),cara menyembuhkan dompo karena tomcat (1),cara mengobati sakit kayap (1),cara mengobati penyakit kulit dampa (1),cara mengobati penyakit kayap (1),cara mengobati orang terkena hewan dampa (1),cara mengobati dampah (1),cara menghilangkan luka tomcat secara alami (1),cara menghilangkan dompo (1),cara menghilangkan Dampa (1),bekas dompo pke lidah buaya jdi item ya (1),bedanya tomcat dan dompo (1),artikel makanan untuk sakit dompo (1),apakah salep yg hrus di pkai untk pnyakit kayAp (1),apakah penyakit tomcat atau herpes penyakit yang parah (1),apakah penyakit dompo ini membahayakan (1),apakah penyakit dompo berbahaya? (1),apakah penyakit dampa bisa mematikan (1),apakah penyakit dampa berbahaya? (1),apakah hewan dompo? (1),apakah dompo berbahaya (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *