Kapal induk USS Nimitz

March 25, 2012
Kapal induk USS Nimitz adalah kapal induk bertenaga nuklir dan merupakan kapal induk Amerika yang paling besar di dunia, saat ini, walaupun kapal induk ini bukanlah kapal induk terbaru di jajaran angkatan laut AS. Malah kapal induk ini diresmikan tahun 1975, jadi pada tahun 2011 ini usianya sudah 36 tahun lebih namun masih merupakan kapal induk terbesar di dunia dan juga sudah sarat dengan pengalaman.
Operasi serius pertama yang dilakukan oleh kapal induk ini adalah di tahun 1979 ke Iran, sewaktu Shah Iran yang sekutu dekat AS digulingkan dan merupakan awal masa “Republik Islam Iran” pimpinan Ayatollah Khomeini. Waktu itu masih ada adidaya lain yaitu Uni Soviet, sehingga USS Nimitz tentu saja tidak diperintahkan untuk menyerang Iran secara frontal, tetapi untuk melancarkan operasi pembebasan 52 orang Amerika yang disandera di kedutaan besar AS di Teheran yang diberi kode operasi Evening Light.
Namun sayang operasi ini berakhir tragis dan gagal total, karena helikopter yang dipakai untuk membebaskan para sandera mengalami kecelakaan dan jatuh di gurun pasir Iran. Selain itu kapal induk ini juga mempunyai segudang pengalaman lain seperti pada tanggal 19 Agustus 1981, kapal induk ini juga berperan dalam “komfrontasi ringan” dengan Libya di mana pesawat tempur AS menembak jatuh dua pesawat MiG Libya.
Misi terbesarnkapal induk ini adalah saat terlibat dalam dua kali perang teluk yaitu perang teluk pertama yang disebut “Desert Storm” yaitu operasi yang membebaskan Kuwait dari cengkraman Irak di tahun 1991 dan juga perang teluk kedua yang disebut operasi “Iraqi Freedom” yang menggulingkan rezim Saddam Hussein.
Namun beberapa kali kapal induk ini juga melakukan misi damai non-militer seperti ikut dalam memeriahkan Olimpiade Seoul 1988 di Korea Selatan yang tentu juga bisa berfungsi sebagai bagian dari pengamanan olimpiade tersebut.
Berikut adalah data Teknis USS Nimitz:
Tipe : Kapal Induk multi peran
Bobot : 97 000 ton Inggris (98 600 ton metrik)
Dimensi : Panjang (333 m) Beam*) (41 m) Draft*) (11 m)
Sumber Tenaga : Dua buah reaktor nuklir
Awak : 5621

Kata Kunci Pencarian:

kapal induk nimitz (2),kapal induk nimizt (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *